Resep Asli Mie Goreng Aceh Paling Enak Dan Teruji!

Resep Asli Mie Goreng Aceh Paling Enak Dan Teruji!

Resep Asli Mie Goreng Aceh Paling Enak


Resep Asli Mie Goreng Aceh Paling Enak - Siapa yang tidak kenal mie goreng aceh? dari namaNya saja sudah pasti kita tau bahwa mie goreng ini khas dari Aceh. Pada postingan kali ini saya akan memberikan bagimana cara membuat mie goreng aceh dengan resep yang sudah teruji enaknya. Resep Mie goreng aceh yang saya berikan ini ada beberapa perbedaan resep, Untuk itu silahkan anda pilih dan sesuaikan dengan selera bunda yaaa! 

 

📌 Resep Mie Goreng Aceh Dengan Spageti

Bahan - Bahannya :

  • 250 gram spagetti rebus, Spagettinya direbus dulu ya bun lalu baru ditimbang.
  • 150 gram udang, udangnya dicuci dan dibersihkan dulu ya bun.
  • 100 gram dagging sapi segar, dagging sapinya dipotong dadu atau bisa juga bunda potong sesuai selera.
  • 100 gram sayur toge, di siangi dulu ya bunda lalu di cuci sampai bersih. 
  • 100 gram kubis, diiris tipis ya bunda
  • 4 Siung Bawang Mereh, diiris tipis ya bunda
  • 4 Siung Bawang Putih, diiris tipis ya bunda
  • 2 Batang Daun Bawang, diiris tipis ya bunda
  • 2 Batang Daun Seledri, diiris tipis ya bunda
  • 1 Sdm Kecap Manis Merek apa saja
  • 1 Sdm Kecap Asin Merek Apa saja
  • 1 Buah tomat merah, dipotong memanjang ya bunda
  • 2 Sdm minyak goreng untuk menumis
  • 250 ml kaldu udang (Air rebusan udang dengan bawang putih, jahe geprek, seledri)

Bumbu Cemplungnya:

  • 1 buah bunga lawang
  • 1 batang kayu manis seukuran jari kelingking atau bisa disesuaikan.
Bumbu yang dihaluskan:
  • 3 Siung bawang putih kupas
  • 5 buah cabe rawit merah, atau bisa disesuaikan ya bunda
  • 2 buah Kapulaga
  • 1 1/2 Sdm bumbu kari nusantara
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 2 buah kemiri, dibakar
  • 1/4 sdt adas manis
  • 1sdt garam, silahkan disesuaikan dengan selera

Cara Membuatnya

1. Siapkan semua bahan yang sudah ada dari resep ini. Panaskan minyak goreng. Tumis Bawang Merah lalu bawang putih hinga harum kemudian masukkan daging sapi dan tumis hingga berubah warna atau matang. 


2. Masukan Bumbu yang sudah dihaluskan, Aduk rata bumbunya dan tumis hingga matang. Masukan Air Kaldu Udang. Biarkan bumbunya hingga mengental. Silahkan tes rasa terlebih dahulu ya bunda. Setelah Rasa sudah cukup pas dan bumbu sudah mengental silahkan masukan udang lalu masak hingga setengah matang. 


3. Selanjutnya bila udang sudah setengah matang silahkan masukan sayur kubis lalu aduk rata. masukan spaggeti yang sudah direbus dan buah tomat. Diaduk ya bunda hingga spaggetinya tercampur dengan bumbu. Masukan sayur toge yang sudah dicuci ya bund. Trus bunda aduk rata deh...Oiya jangan teralu lama ya masaknya supaya toge tidak layu.


4. Setelah langkah diatas tercampur merata semua silahkan bunda masukan daun bawang dan seledrinya. Aduk rata ya bun. Setelah teraduk rata, matikan api kompornya dan angkat mie goreng aceh Nya. Jangan lupa tambahkan bahan pelengkapnya seperti acara bawang, bawang goreng, emping melinjo dan mentimun agar lebih maknyussss.  Mie goreng aceh paling enak dan resep telah teruji siap di lahap!



Resep Mie Goreng Aceh Asli diatas adalah resep yang saya ambil dari sahabat saya di Aceh yang telah sukses membuat mie goreng aceh yang enak dan lezat.  Selanjutnya saya akan memberikan cara membuat mie goreng aceh dengan resep mie goreng aceh yang lezat dan simpel.


📌 Resep Mie Goreng Aceh Simpel dan Sederhana Paling Enak!

Bahan-bahannya : 

  • 1 bungkus Mie Telor, saya pakai yang tiga ayam ya bunda
  • 3 siung bawang putih kupas, iris tipis ya bunda
  • 3 siung bawang merah kupas, iris tipis ya bunda
  • 2 batang daun bawang, iris tipis ya bunda
  • 1 bungkus bumbu bango mie goreng aceh
  • 1 buah tomat merah, potong sesuai selera ya bunda
  • 1 sdm saus tiram, saya pakai yang cap panda
  • 1 sdm saus sambal, saya pakai ABC
  • 1 sdm kecap manis, saya pakai kecap bangau
  • siapkan garan, merica bubuk dan gula pasir. Pakai secukupnya sesuai selera
  • Minyak goreng untuk menumis, pakai secukupnya dan sesuaikan. 
Cara Membuat Mie Goreng Aceh Asli dan Simpel  :
1. Silahkan bunda rebus mieNya sampai matang sesuai keinginan. 
2. Siapkan semua bahan-bahan mie goreng acehNya

3. Siapkan penggorengan lalu beri minyak goreng secukupnya. tumis bawang, daun bawang sampai wangi. masukan bumbu mie goreng aceh cap bango, aduk sampai merata lalu tambahkan saos, kecap, garam, merica, gula pasir serta tambahkan air secukupnya sekitar 50ml aduk aduk. 

4. Setelah bumbu teraduk dan matang masukan mie Nya dan aduk aduk terlebih dahulu sampai bumbu meresap kedalam mie. Masukan daun bawang yang telah diiris, aduk rata. Silahkan bunda icip icip terlebih dahulu. Jika rasa sudah mantap angkat mie dan sajikan dengan bahan pelengkap seperti acara bawang, bawang goreng, emping melinjo dan mentimun agar lebih maknyussss. Mie goreng aceh paling enak dan resep telah teruji siap di lahap!

Resep Mie Goreng Aceh Asli yang simpel diatas adalah resep yang saya ambil dari sahabat saya di Aceh yang telah sukses membuat mie goreng aceh yang enak dan lezat. Nah, itulah beberapa resep terbaik cara membuat mie goreng aceh yang mudah dan enak, tentunya resep tersebut sudah terbukti dengan rasa yang lezat!
Cara Mengatasi Rasa Bosan Dalam Belajar Daring

Cara Mengatasi Rasa Bosan Dalam Belajar Daring

bosan saat belajar



Cara Mengatasi Rasa Bosan Dalam Belajar Daring dari Browilly. Kenapa saya terkadang ada rasa bosan dalam belajar? Dan apakah kalau kita belajar harus nunggu mood? Kebetulan saya menemukan pertanyaan ini pada email saya. Mari kita jawab pada postingan kali ini. Saya pribadi terkadang juga pernah ngerasain juga kok yang namanya bosen belajar ituh. Jadi, tips yang saya berikan kali ini merupakan hasil dari pengalaman saya pribadi ya guys. 

Well, Pernah nggak sih, kamu ada momen dalam hidup kamu ketika kamu suka banget untuk belajar? Intinya Belajarnya gak harus soal pelajaran ya..pokoknya kamu Ketagihan mendapatkan informasi, suka mengeksplorasi, dan bertanya ke pada orang di sekeliling kamu. Jawabannya pasti kamu pernah kan? 


FAKTOR PENYEBAB KEJENUHAN DALAM BELAJAR

Jadi penyebab rasa bosan itu sebenernya ada 2 hal yang harus kamu ketahui:

  • Kondisi pada mental kamu sendiri: Apakah kamu lagi Mood atau DNA of peak performance-nya lagi aktif. 
  • Topik atau judul yang lagi kamu pelajarin: seperti, apakah sesuai dengan tingkat kemampuan kamu atau tidak?

Belajar itu butuh tingkat stress yang cukup. Harus ada motivasi atau desakan dari diri sendiri atau orang lain.  Kalau kamu ujian masih lama, biasanya tingkat stressnya kurang, jadi kamu gak begitu merasa butuh. Kalau ujian sudah deket malah udah panik gak bisa fokus. Di Sinilah pentingnya kita mempunyai tujuan dalam belajar, motivasi, serta rasa ingin tahu akan semua hal yang bermanfaat. 


CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SAAT PANDEMI

1. Cari sesuatu hal yang terkait dengan pengalaman sehari-hari kamu

2. Cari sebuah pertanyaan atau rasa penasaran kamu terhadap materi (Jangan lupa untuk niatkan belajar supaya rasa penasaran di diri kamu bisa terobati)

3. Temukan motivasi dalam diri kamu, kenapa belajar dengan topik tersebut penting buat kamu dan masa depan kamu.


Jadi itulah alasan kenapa kamu bosan belajar. Karena kamu belum menemukan motivasi yang kuat untuk belajar atau bisa jadi materi yang kamu pelajarin salah, Untuk itu kamu harus cari tahu dulu materi yang belum kamu ketahui tapi dibutuhin!


TIPS MENGATASI BOSAN SAAT BELAJAR


1. Gunakan Metode 50:10

Maksudnya kamu bisa menggunakan waktu 50 menit kamu untuk belajar dan 10 menit waktu kamu untuk istirahat.


2. Buat Target Dalam Belajar

Kamu bisa membuat target belajar mulai dari beberapa banyak soal pelajaran yang bakal kamu selesaikan atau sejauh mana materi pelajaran yang harus kamu pahami. 


3. Reward atau Punishment

Coba deh, kasih hadiah untuk diri sendiri kalau kamu sudah menyelesaikan targetmu dan coba beri hukuman kecil andaikan kalau kamu gagal mencapai target.


4. Jangan Pernah Belajar Dari Satu Sumber

Kamu bisa mencoba belajar melalui handphone, komputer atau laptop dan alternatif lainnya yang bisa untuk mencari lebih banyak sumber pembelajaran. 


5. Mencari Suasana Baru

Kamu bisa mencoba untuk mencari tempat-tempat baru yang bisa kamu jadikan tempat belajar yang nyaman selain kamu belajar dikamar atau di rumah. 


6. Gabung Dengan Komunitas Belajar

Coba deh, kamu bisa gabung atau bikin kelompok belajar, bisa dari teman teman sekelas kamu atau yang lainnya


7. Berdoa Sebelum Mulai Belajar

Bedoa terlebih dahulu sebelum belajar, karena Tuhan bakal memberikan kemudahan dan ketenangan hati bagi hamba-Nya yang selalu ingat dengannNya.


Untuk itu supaya kamu belajarnya lancar dan tidak bosan, kamu harus menguasai minimal 90% materi sebelumnya (yang dibutuhkan untuk bisa memahami materi berikutnya). Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya ya... 

Obat Manjur Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami

Obat Manjur Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami


Asam Urat merupakan peyakit dimana kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri atau sakit yang tak tertahankan, rasa pembengkakan dan adanya rasa panas pada daerah persendian. Pada umumnya, penyakit asam urat dapat lebih beresiko terhadap pria, khususnya bagi mereka yang berusia diatas 30 tahun. Pada keadaan wajar, asam urat larut dalam darah serta dikeluarkan lewat urine. Namun, pada keadaan tertentu, asam urat bisa menumpuk akibat badan menciptakan asam urat dalam jumlah yang berlebih. 


Kandungan asam urat dalam darah yang berlebih akan menimbulkan pembentukan kristal pada sendi. Kristal ini akan menimbulkan dan merangsang infeksi, sehingga pasien akan menghadapi indikasi perih serta bengkak pada sendi, umumnya pada kaki. Sebagian bagian tubuh yang kerap terasa perih akibat asam urat antara lain seperti ibu jari, lutut, siku, pergelangan kaki serta jempol kaki. Walaupun demikian, tidak menutup mungkin perih pula dialami pada sendi- sendi yang lain. 


Obat herbal asam urat

Untuk itu pada postingan kali ini saya akan memberikan beberapa tips cara mengobati asam urat tentunya dengan obat alami yang sudah teruji khasiatnya.


* Obat Herbal Alami  Untuk Menyembuhkan Asam Urat #1

Bahan: 

1. Kunyit bubuk 1/2 Sdt

2. Jeruk Nipis 1 dari 1/2 perasan

3. Lada hitam seujung Sdt

4. Air Hangat 300 ML


Caranya: 

Campur semua bahan-bahan tersebut hingga larut dan minum selagi hangat. 


* Obat Alami Untuk Menyembuhkan Asam Urat #2

Bahan: 

1. 1 gelas rumput laut

2. Jahe merah 1 jempol orang dewasa

3. 3 butir kurma, potong kecil kecil

4. 1 SDT chia Seed atau bisa juga pakai Selasih

5. 1 SDM Madu murni


Cara pembuatan: 

Rebus air dan jahe merah hingga mendidih, lalu matikan kompor dan campurkan semua bahan kecuali madu. Masukan madu setelah air menjadi hangat. Jangan lupa rumput lautnya dikunyah ya agar dapat dicerna dengan baik. 


* Obat herbal Simpel Untuk Mengatasi Asam Urat #3

Bahan: 

1. 2-3 batang sereh

2. 1 buah jeruk nipis

3. Madu secukupnya

4. 300-400 ML air


Cara pembuatan: 

Potong sereh lalu rebus dengan air, masak hingga air berubah warna. Diamkan hingga agak hangat lalu beri madu dan jeruk nipis. 

* Konsumsi 2 kali sehari


Itulah beberapa resep obat herbal untuk mengatasi dan menyembuhkan asam urat secara alami. Resep ini sudah terbukti khasiatnya, silahkan dicoba. 

Negara Mana Yang Memiliki Teknologi Canggih Di Dunia?

Negara Mana Yang Memiliki Teknologi Canggih Di Dunia?

Hallo sobat Browilly, pada postingan kali ini saya akan memberikan sebuah informasi menarik tentang negara yang memiliki teknologi canggih di dunia, apa kalian tahu negara mana? Negara yang memiliki teknologi canggih di dunia mungkin banyak orang mengira adalah negara china, USA, Jerman, Rusia. Akan tetapi dari semua negara yang mungkin kalian kira tersebut menurut saya kurang tepat ya bro. Kenapa? karena negara yang memiliki teknologi canggih menurut saya ialah Finlandia. 

teknologi canggih


Kenapa Finlandia? Finlandia berada pada urutan pertama di dunia, di atas Amerika Serikat, sebagai negara yang berteknologi maju di dunia, hal ini di ungkap oleh laporan terbaru yang disusun oleh sebuah Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP). 


Laporan dari UNDP tersebut membandingkan sebanyak 72 negara lalu menganalisisnya berdasarkan Indeks Pencapaian Teknologi dunia. Hal ini Ini melihat pada faktor-faktor seperti keterampilan teknologi warga negara tersebut, tingkat jumlah penggunaan Internet serta kemampuan untuk menggunakan teknologi dalam ekonomi. Setelah Negara Finlandia, negara lain yang menempati urutan teratas dalam hal teknologi adalah Amerika Serikat, Swedia, Jepang, Korea Selatan, Belanda, dan Inggris. Negara-negara Uni Eropa lainnya yang memiliki teknologi canggih di negaranya yang termasuk dalam urutan teratas adalah Jerman, Irlandia, Belgia, Austria dan Prancis. 


Tujuan dari keseluruhan laporan ini ialah untuk menggambarkan bahwa teknologi informasi dapat mengurangi kemiskinan di suatu negara. Tidak memanfaatkan serta mengabaikan terobosan teknologi di bidang dunia kedokteran, pertanian serta informasi berarti kehilangan kesempatan untuk mengubah kehidupan orang miskin, "Ujar administrator UNDP Mark M B. 


Akan tetapi salah satu kesimpulan dari laporan yang diterbitkan oleh UNDP adalah bahwa selama ini sebagian besar inisiatif sektor swasta dalam teknologi tinggi telah diarahkan pada konsumen berpenghasilan tinggi daripada orang berpenghasilan rendah dan tidak mampu, disorot oleh 80% pengguna Internet dunia berada di negara maju dan hanya 10%. persen dari penelitian kesehatan global yang berfokus pada penyakit yang merupakan 90% dari beban penyakit global. 


Nah itulah sekedar informasi gambaran negara yang memiliki teknologi canggih serta memanfaatkan teknologi dalam berbagai sektor kebutuhan di negaranya.

Inilah Perbedaan Bank Digital Dengan Bank Biasa Konvensional

Inilah Perbedaan Bank Digital Dengan Bank Biasa Konvensional

Hallo sobat Browilly, pada postingan kali ini saya posting mengenai perbedaan bank digital dan bank konvesional atau bank biasa. Banyaknya bank digital akhir akhir ini tentunya membuat kita bertanya tentang apa perbedaan antara bank digital dengan bank yang memiliki layanan digital atau biasanya kita juga sering sebut bank biasa/konvesional. Apakah sama sama berLebel digital berarti layanan yang sama? 


Bank Digital merupakan salah satu model bisnis bank yang menyediakan/menjalankan kegiatan usahanya melalui saluran elektronik yaitu sebuah aplikasi mobile banking dengan keberadaan kantor fisik yang terbatas bahkan tanpa kantor fisik bank. Jadi, intinya kita bertransaksi atau bila ada masalah dalam layanan hanya dilakukan secara online. Biasanya bank digital cukup memiliki satu kantor saja yakni kantor pusat untuk menjalankan kegiatan usahanya secara digital atau online. 

bisnis seperti ini banyak dipilih untuk dikembangkan secara luas karena memiliki biaya operasional yang rendah. hal ini dikarenakan tanpa alokasi pengadaan kantor cabang melainkan dialihkan ke pengembangan infrastruktur digital. Digital bank biasanya menargetkan segmen nasabah yang lebih banyak dan mengutamakan dalam kemudahan bertransaksi.

Sedangkan untuk bank dengan layanan digital banking atau sering disebut dengan bank umum/konvensional yang dilengkapi dengan kemudahan dalam digital banking seperti internet atau mobile banking mulai dari pembuatan rekening nasabah sampai dengan transaksi. Meski pengelolaan investasi melalui digital channel, bank tersebut tetap punya kanal layanan fisik seperti ATM dan cabang atau kantor kas untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang lebih beragam dan kompleks. 

INTINYA PERBEDAAN BANK DIGITAL DAN BANK UMUM/KONVENSIONAL

Salah satu perbedaan yang paling signifikan antara bank digital dan bank konvensional ialah cara yang pada saat kita menabung. Pada bank digital, seluruh transaksi bisa dilakukan secara online melalui sebuah aplikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada bank digital tersebut. 

Sementara itu, pada bank konvensional atau bank umum, Anda harus datang ke bank atau ke kantor yang bersangkutan untuk melakukan pembukaan tabungan baru dan melakukan transaksi lainnya. Untuk melakukan setoran tabungan, kini ada ATM yang menyediakan layanan tersebut. Menabung secara online tentu lebih praktis karena Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengantre di bank.

KEAMANAN

Tak bisa dipungkiri, perbedaan antara bank digital dan bank umum juga terletak pada risiko keamanan yang harus dihadapi. Jika Anda menabung pada bank konvensional atau umum, mungkin ada beberapa resiko yang  terjadi seperti dihadang oleh oknum yang mencoba melakukan kejahatan, uang tercecer saat hendak dibawa ke bank, dan sebagainya.

Sementara itu, pada bank digital, semua transaksi bersifat cashless atau tanpa uang tunai. Namun tentunya ada risiko lain yang harus diwaspadai ialah terjadinya pembobolan oleh orang yang tidak bertanggung jawab secara digital. Ada banyak sekali modus yang dilakukan oleh pelaku tindak kejahatan untuk membuat nasabah lengah sehingga dapat menarik uang yang tersimpan di bank digital. oleh karena itu kita tentunya harus berhati hati dalam menggunakannya. 

Nah, itulah Perbedaan Bank Digital Dengan Bank Biasa Konvensional yang browilly posting, semoga bermanfaat ya...
Cara Mencerahkan Tangan Yang Belang Dengan Cepat dan Aman

Cara Mencerahkan Tangan Yang Belang Dengan Cepat dan Aman

 

mencerahkan tangan yang belang

Browilly - Produk yang bagus untuk mencerahkan kulit yang belang dan handbody lotion yang bagus untuk mencerahkan kulit belang, Hallo sobat browilly, pada postingan kali ini saya akan memberikan tips tentang bagimana cara mencerahkan tangan yang belang akibat terkena sinar matahari, panas panasan diluar dengan cara yang alami. Banyak sekali tips untuk mengatasi tangan yang belang. Pastinya apa pun caranya jika tidak dicegah dari akarnya ya tidak akan ada perubahan ya Bro. Contohnya kalian misalnya udah melakukan berbagai cara tetapi pada saat naik motor kalian tidak pakai sunblock atau sunscreen dan sarung tangan ya usaha kalian akan sia-sia.


Tangan belang sudah menjadi masalah umum bagi sebagian orang yang sering beraktivitas diluar. Apalagi untuk orang yang sering berkendara dengan panasnya cuaca diluar. Sekali lupa menggunakan sarung tangan, pulang-pulang langsung belang tangannya. Saya pernah waktu itu berkendara dari rumah ke tempat kantor, sekitar dua setengah jam berkendara. Saya pakai sarung tangan, tapi memang ada gap antara sarung tangan dan jaket. Dan alangkah terkejutnya begitu melihat tangan saya belang, seperti memakai gelang. hahaha...😆


Untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa mencoba tips cara mencerahkan kembali tangan yang belang dengan cepat. Untuk mengatasinya, saya menggunakan tiga produk seperti dibawah ini,,

1. Memutihkan Tangan yang belang dengan  Sabun Kojie San


Sabun Kojie San ini memang diperuntukkan bagi yang ingin mencerahkan kulitnya dengan efektif. Taglinenya saja Skin Lightening Soap. Bukan memutihkan ya, tapi mencerahkan, jadi mengembalikan warna kulit kita. Kojie San digunakan saat mandi dan didiamkan sebentar, sekitar 3–5 menit. Efek sabun ini membuat kulit kering, jadi harus selalu pakai body lotion setelahnya.


2. Nivea Extra White Body Serum Care & Protect



Sebelumnya saya tidak pernah menggunakan body lotion Nivea karena menurut saya kurang bersahabat harganya tapi masih ada yang harganya lebih murah dan lebih enak digunakan, maklum anak kos, ngirittttt, ngirit, haha. Tapi katanya teman saya produk ini ampuh untuk kulit belang. Dan ternyata memang membantu. Digunakan pada saat akan berkegiatan di luar rumah karena body lotion, atau body serum ini mengandung triple UV protection. Akantetapi tetap ya Bro, Selalu hindari paparan cahaya matahari sebisa mungkin.


3. Nivea Extra White Body Serum Night Nourish


Produk Body lotion Yang terakhir masih dari produk Nivea. Namun yang ini digunakan sebelum tidur. Ya Bro. Saya merekomendasikan produk ini bila kamu ingin mengatasi kulit belang dengan cepat. Klaimnya sebagai body serum memang terbukti loh, karena Nivea Night Nourish ini kandungannya lebih cepat meresap. 

Ya, dari tiga produk yang saya gunakan dan hasilnya terlihat setelah tiga minggu pemakaian. Sayangnya saya tidak punya foto before afternya karena saya kira tidak akan berhasil. Selain kulit saya yang belang sudah rata lagi warnanya, saya sendiri juga merasa kulit saya lebih cerah dari sebelumnya. Memang lah mantap produk produk ini!


Demikian postingan browilly tentang Cara Mencerahkan Tangan Yang Belang Dengan Cepat dan Aman menggunakan beberapa produk. Semoga postingan ini bermanfaat ya Bro. 


Pengalaman Mendapatkan Kartu Prakerja Serta Manfaatnya

Pengalaman Mendapatkan Kartu Prakerja Serta Manfaatnya

Browilly - Hallo sobat browilly.... Pada postingan kali ini, saya akan memberikan pengalaman saya menggunakan serta mengikuti pelatihan kartu prakerja yang diberikan oleh pemerintah. Kartu prakerja ialah salah satu program bantuan dari pemerintah untuk mendukung perkembangan perekonomian Indonesia untuk masyarakat yang membutuhkannya. 😊




Untuk mendaftar kartu prakerja menurut saya gampang gampang susah si bro, karena menurut saya proses pendaftaran untuk diterima oleh Prakerja menggunakan alogaritma acak oleh sistem sesuai NIK Kartu Identitas yang kamu miliki. Selain itu mungkin Sebelum saya keterima dalam program kartu prakerja ini, saya mengalami penolakan dalam hal pendaftaran sebanyak 2 kali. Alhamdulillah untuk pendaftaran ke tiganya saya diterima menjadi peserta bantuan dari Kartuprakerja. 


Peserta yg mendaftar dan lolos untuk mendapatkan Kartu Prakerja ini  masing- masing akan menerima sejumlah uang sebesar Rp 3.550.000 selama menjalani program pelatihan dari kartu prakerja. Apabila saya rimcikan lebih lanjut, bantuan intensif yang terdapat dalam program Kartu Prakerja telah meliputi biaya pelatihan sebesar Rp 1.000.000, Dana ini adalah dana mengendap tidak dapat dicairkan. Jadi kamu harus mengikuti pelatihan menggunakan dana yang sudah disediakan.

Pelatihan di dalam program Kartu Prakerja sangat beraneka ragam, jadi kamu tinggal pilih aja deh yang sesuai dengan minat untuk mengasah keterampilan kamu.😊 Kemudian kamu juga akan mendapatkan dana intensif setelah berhasil menyelesaikan pelatihan dengan jumlah Rp 600.000 per bulan selama empat bulan. Dana Insentif ini akan diberikan secara otomatis apabila kamu telah menyelesaikan dan mendapatkan sertifikat pelatihan didalam program prakerja.

TIPS : Bila kamu telah keterima dalam Program kartu prakerja, segera kamu beli pelatihan yang tersedia didalam website prakerja, Lalu kamu bisa mengikuti pelatihan tersebut dan menyelesaikannya dengan segera agar kamu mendapatkan sertifikat dari pelatihan tersebut. Dengan kamu telah menyelesaikan satu pelatihan kartu prakerja otomatis kamu telah memenuhi syarat untuk mendapatkan Insentif sebesar Rp. 600.000/bulan selama 4 bulan. Gimana enakkan?? 


Berikut Contoh Mitra Pelatihan serta kelas kelas materi pelatihan Untuk membeli kelas Prakerja.

Jadi, disini kamu bisa memilih tempat pelatihan yang mau kamu mau ikuti kelasnya. Setiap tempat pelatihan online yang tersedia di prakerja mempunyai teknik pembelajaran berbeda beda. Kalau saya pribadi, saya lebih seneng untuk mengikuti kelas prakerja di Skill Academy. Di tempat pelatihan tersebut banyak materi materi bagus dengan cara penyampaian menurut saya yang mudah di mengerti. 



Setelah kamu memilih tempat pelatihan, kamu bisa memilih kelas untuk memilih materi pelatihan sesuai minat kamu. Kelas tersedia sangat banyak dengan materi yang berbeda beda, sebelum kamu masuk kelas dengan materi yang kamu inginkan, kamu wajib membeli kelas tersebut dengan harga yang sudah tersedia. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu prakerja, jadi kamu tinggal memasukan no id kartu prakerja kamu pada cekout pembayaran kelas. 



Selama mendapatkan kartu prakerja saya sudah membeli dan mengikuti pelatihan sebanyak 4 pelatihan dengan materi yang berbeda beda. Setiap kelas online yang saya ikuti banyak sekali manfaat yang bisa saya peroleh seperti layaknya saya mengikuti pelatihan tatap muka langsung. Di dalam kelas kamu akan mendapatkan materi materi lewat video, soal serta modul rangkuman pelatihan. 


Mengikuti kelas ini kamu wajib mengikutinya hingga selesai dari menonton materi yang ada dalam video serta menjawab soal soal yang tersedia. Setelah kamu mengikuti kelas hingga selesai kamu akan mendapatkan sertifikat pelatihan secara online. Sertifikat ini akan langsung masuk Dashboard akun prakerjamu kurang lebih 4 hari kerja. 

Perlu kamu ketahui disini, dalam mengikuti pelatihan kartu prakerja dalam setiap pengambilan kelasnya kamu wajib mengikuti kelas hingga selesai dan sampai sertifikat pelatihan terupdate di akun kartu prakerja. Apabila, kelas yang kamu ikuti belum selesai atau sertifikat pelatihan belum terbit di akun kartu prakerja kamu, kamu tidak bisa membeli pelatihan lainnya. 

Selain pelatihan didalam kartu prakerja kamu akan mendapatkan sebuah survey dari kartu prakerja. Penerima Kartu Prakerja akan mendapat dana bonus survey sebesar Rp 150.000 jika mengisi 3 kali Survei Evaluasi setelah selesai pelatihan. Satu kali survei akan diberikan sebesar Rp 50 ribu.. emzzzz Alhamdulillah yaaaa😊

Kesimpulan dan Penutup 
Pendaftaran Kartu Prakerja ini hanya bisa dilakukan melalui situs resmi kartu prakerje di prakerja.go.id. Setiap calon yang ingin mendaftar sebelumnya terlebih dahulu diminta untuk mengisi dan melengkapi data- data diri yang sebenarnya.

Setelah berhasil melakukan pendaftaran serta anda sudah bisa login atau masuk, langkah yang harus ditempuh selanjutnya adalah menjalani seleksi penyaringan peserta dari pihak panitia penyelenggara. Penyeleksian dan penyaringan ini akan dilakukan berdasarkan dari hasil verifikasi keakuratan data yang sudah di input oleh calon peserta, hasil tes kemampuan dasar, latar belakang motivasi peserta serta jumlah kuota yang tersedia.

Langkah Selanjutnya yang harus dilakukan adalah setiap calon pendaftar prakerja yang telah lolos dapat memilih dan menentukan jenis pelatihan yang mereka inginkan atau butuhkan sesuai minat di laman web prakerja.go.id. Selanjutnya, jika penerima Kartu Prakerja telah menentukan program pelatihan yang ingin mereka ikuti, peserta wajib menyelesaikan pelatihan pertama hingga mendapatkan sertifikat pelatihan. Kemudian, peserta akan mendapatkan uang saku melalui rekening bank atau dalam bentuk e-wallet. 

Kapan Insentif Kartu Prakerja dibayar?
Insetif kartu prakerja bisa kamu dapatkan setelah kamu mengikuti dan menyelesaikan pelatihan pertama. Untuk jadwal pembayarannya akan ada estimasi tanggal pembayaran di akun prakerjamu. 

Bagimana cara mendapatkan dana tambahan dari Survei Prakerja?
Survey penggunaan kartu Prakerja akan diberikan setelah kamu mendapatkan bayaran insetif pertama. Biasanya akan muncul notifikasi di akun prakerja kamu mengenai jadwal pengisian survey. Setelah kamu mengisi survey kamu juga akan mendapatkan jadwal penerimaan dana tambahan di rekeningmu pada akun Prakerja. 

Nah itulah postingan saya mengenai Pengalaman Mendapatkan Kartu Prakerja Serta Manfaatnya. Semoga postingan tersebut bermanfaat buat anda yang membacanya. Terimakasih
Rangkuman Tentang Dewatering Lengkap Dengan Rumus

Rangkuman Tentang Dewatering Lengkap Dengan Rumus


Pengertian atau arti Dewatering merupakan proses pemisahan antara cairan dengan padatan. Pada Proses pemisahan ini tidak bisa dilakukan sekaligus tapi harus secara bertahap, yaitu dengan cara :Thickening, filtering dan drying.

THICKENING

Merupakan sebuah proses pemisahan antara padatan dengan cairan yang  berdasarkan atas kecepatan dari mengendap partikel dalam suatu pulp sehingga solid faktor yang dicapai adalah satu (% solid = 50%). 

Tahap-tahap yang terjadi dalam thickening :

1. Flocculating

Di dalam pengendap beberapa partikel-partikel yang halus seringkali mengalami kesulitan karena partikel sangat kecil sehingga tidak cepat mengendap. Untuk itu harus dilakukan penggumpalan terlebih dahulu, dengan Di dalam pengendap partikel-partikel yang halus seringkali mengalami kesukaran karena partikel sangat kecil sehingga tidak cepat mengendap. Untuk itu harus dilakukan penggumpalan terlebih dahulu, dengan demikian partikel akan membentuk “flocs” (gumpalan) yang akan relatif lebih cepat mengendap bila dibandingkan dengan sebelum terjadi penggumpalan. Untuk menggumpalkan perlu ditambahkan reagent yaitu “flocculation agent”.

Ada  beberapa reagent berupa “flocculating agent” yaitu :

- magnesium sulfide

- lime

- potasium aluminium

- ferrous sulfide

2. Sedimentasi

Merupakan tahap pengendapan dari gumpalan-gumpalan yang terbentuk. Kecepatan pengendapan ini akan berbeda jika memakai reagent yang berbeda pula. Kecepatan mengendap gumpalan (flocs) ini dapat dirumuskan sebagai berikut :

           

 Keterangan :

d = specific gravity solid

d’ = specific gravity fluida

g = percepatan gravitasi

r = jari-jari partikel

u = viscositas fluida

3. Compaction

     Ialah tahap pemadatan dari gumpalan2 yang telah mengendap pada dasar thickener. Endapan yang berhasil terbentuk secara perlahan didorong oleh “rake” dan kemudian dikeluarkan.

4. Elemination

Merupakan tahap pengeluaran hasil pemisahan cairan yang telah jernih karena telah bebas dari solid dan dikeluarkan sebagai overflow melalui bagian atas sedangkan underflow dikeluarkan lewat bawah.

Pada thickening mengikuti proses :
a. Free settling
Yaitu proses pengendapan yang terjadi karena tidak ada media yang menghalangi. Ini terjadi pada partikel yang pertama kali dimasukkan sehingga material lain belum ada dalam cairan.

b. Hindered settling
Merupakan proses pengendapan yang mengalami hambatan dari partikel-partikel yang telah ada dalam cairan. 

Kecepatan mengendap dari partikel dibagi atas 
1. Rapid settling, yakni partikel yang cepat pengendapannya
2. Intermidiete settling. kecepatan pengen-dapannya relatif lambat
3. Slow settling : partikel yang kecepatannya lambat

Sedangkan kecepatan pengendapan partikel dipengaruhi oleh :
1. Bentuk partikel
Bentuk partikel yang bundar atau kubus akan lebih cepat mengendap daripada partikel yang bentuknya pipih atau lonjong.
2. Specific gravity partikel
Partikel yang lebih berat akan lebih cepat mengendap daripada partikel ringan.
3. Ukuran butir partikel
Ukuran butur yang besar akan lebih cepat mengendap dari partikel yang kecil.

DESIGN ALAT
Untuk dapat mendisign alat  haruslah dilakukan percobaan settling test, yaitu salah satu cara pemisahan partikel atau padatan dari air, yang bertujuan mengurangi kadar air dari pulp. Dari percobaan akan diketahui :
a. Mengetahui kecepatan pengendapan partikel 
b. Mengetahui luas penampang tempat pulp diendapkan
c. Mengetahui dengan kecepatan berapa feeding pada proses thickening dapat berjalan dengan baik.
Dalam pembuatan alat, harus diperhatikan dua hal yang utama yaitu :

1. Unit area
Merupakan area yang digunakan untuk proses satu ton padatan setiap 24 jam.

rumus unit area

Keterangan :
Df = dilution umpan
Du = dilution underflow
v = settling rate 
om = densitas fluida



Bila H terlalu kecil atau thickener terlalu rendah maka akan menyebabkan partikel yang belum sempat mengendap akan langsung keluar.

Didalam pengendapan partikel yang halus, seringkali mengalami kesukaran karena partikelnya sangat kecil sehingga tidak cepat mengendap., untuk itu perlu dilakukan penggumpalan, baik dengan tambahan reagent maupun ionisasi. Dengan demikian partikel akan membentuk floc (gumpalan) yang akan relatif cepat mengendap bila dibandingkan dengan sebelum terjadi penggumpalan. Untuk menggumpalkan ditambahkan reagen : floculating agent seperti magnesium sulfida, lime, potasium alluminium, ferrous sulfida.

Kecepatan pengendapan akan berbeda jika memakai reagen yang berbeda. Kecepatan pengendapan dirumuskan sebagai :

Thickener dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu :

 1. Intermitten thickener

Terdiri dari :

a. Non mechanical intermitten thickener

          Bentuk dari alat ini yaitu persegi panjang. Penerimaan umpan adalah tangki yang didalamnya terjadi pengendapan sampai didapatkan overflow. Cairan sisa dialirkan melalui pipa dan endapannya dipompa ke tangki.lain.

Bentuk alat ini adalah kerucut. Gerakannya dengan secara mekanis, sedangkan interval discharge-nya tergantung dari jumlah umpan yang masuk. 


2. Continuous thickener

Termasuk tipe “gravity discharge”. Produkta yang dihasilkan dari operasi pengendapan ini dikeluarkan melalui spigot yang terletak di bagian bawah tangki.Adapun gerakan alat ini bersistem centrifugal

Alat ini ada beberapa macam :

a. Dorr thickener

b. Traction thickener

c. Tray thickener


8.2. FILTRASI

Merupakan proses pemisahan antara padatan dan cairan dengan jalan menyaring (dengan filter) sehingga didapatkan solid faktor sama dengan empat (% solid = 80%).

Pada filtrasi ini secara umum pemisahannya adalah sebagai berikut yaitu bila material tersebut ditampung dalam suatu filter maka material tersebut akan tetap berada di atas filter (tertahan filter) sedangkan air (cairan) akan lolos meninggalkan filter. Lolosnya air ini disebabkan adanya gaya dorong. Gaya dorong ini yaitu berupa gaya gravitasi, gaya tekan dan gaya sentrifugal.

Dalam setiap filtrasi, filter medium akan selalu menahan partikel solid yang dihasilkan sebagai “porous cake”  dan ini dapt dipisahkan secara kontinyu maupun diskontinyu.

Jadi bila tekanan diberikan pada pulp yang akan melalui porous media maka air pulp tadi akan mengalir melalui pori media dengan keecepatan yang tergantung pada perbedaan tekanan dari kedua bagian yang tergantung pada gesekan selama mengalir. Pori-pori dari filter tersebut lebih besar daripada butir partikel dan akan membentuk jembatan sehingga akan membentuk pori-pori baru yang merupakan “cake”. Akibatnya semakin lama jalannya filtrasi akan semakin lambat.


Kapasitas filter tergantung pada :

a. area filter

b. perbedaan tekanan antara kedua bagian filter

c. penampang rata-rata dari pori

d. jumlah pori tiap unit area filter

e. tebal filter cake area


Berdasarkan gaya dorongnya, filter terbagi menjadi :

1. Gravity filter
Semua air dialirkan melalui bak sehingga dengan adanya filter maka air akan terus mengalir sedangkan kotoran akan tertampung pada filter.
Gravity filter yang sederhana, bahan sebagai penyaring adalah pasir, kerikil dan paling bawah sendiri ijuk.

2. Suction filter
Contoh alat ini adalah “drum filter”. Alat ini merupakan alat yang kontinyu dan juga termasuk vacum filter. Cara kerjanya adalah umpan yang berupa pulp dimasukkan, setelah dilakukan penghisapan maka padatannya akan menempel pada filter dan airnya akan masuk ke pipa. Meskipun sudah menempel tapi masih ada kemungkinan airnya ada  yang masuk ke dalam “cake”, maka dilakukan penyemprotan sehingga diharapkan dapat mendesak sisa-sisa air dan masuk ke dalam pipa induk sampai akhir proses berjalan menuju proses pengeringan. Dengan demikian antara padatan dan cairan yang masuk ke dalam pipa induk dapat dipisahkan dengan baik.

3. Batch vacum filter
Pada leaf filter ini mempunyai sejumlah tempat yang terdiri dari sejumlah frame waork atau sebuah plate beralur banyak ditutupi dengan kain filter. Pada operasi pertama, tank kompartemen diisi dengan pulp dan filter basket diturunkan , kemudian dilakukan penghisapan, sehingga leaf tersebut akan dipenuhi dengan cake. Sisa pulp dikeluarkan kemudian dimasukkan air pencuci untuk mendesak cairan yang ada di cake. Apabila dianggap cukup maka cake disemprot dengan udara tiup bertekanan, sehingga dapat dipisahkan antara cairan dengan padatan.

4. Centrifugal filter
Biasanya digunakan untuk batubara kasar. Gaya sentrifugal yang ditimbulkan karena suspensi yang menekan pada filtering dan cairan keluar melalui “septum”. Alat ini mempunyai “revolving basket” yang bentuknya silinder atau cilindriconical dengan permuka-annya terdiri dari “filter”

5. Pressure filter
Alat ini biasa digunakan pada proses Cyanidasi emas, dimana padatannya sangat diperlukan . Alatnya berupa bak dan ditengah nya dipasang pipa-pipa yang dilengkapi dengan kantung-kantung penyaring.
Pulp dialirkan dengan bertekanan melalui pipa-pipa, padatannya akan berada dalam kantung-kantung, sedangkan cairannya yang merupakan barren solution dikeluarkan, sehingga akhirnya terpisahlah antara padatan dengan cairan.

8.3. DRYING
Merupakan proses penghilangan air dari padatan dengan jalan pemanasan sehingga padatan tersebut benar-benar bebas dari cairan (% solid = 100%).
Jadi pada drying ini pemisahan antara cairan dengan padatan dengan cara peng uapan (evaporasi). Dalam hal ini jumlah energi yang digunakan per unit masssa dari liquid adalah besar karena “specific heat” dan “latent heat” penguapan air adalah besar sehingga sering membuat kesulitan dalam pengolahan bahan galian terutama dal hal biaya operasi.

Metode drying :
1. Flash drying, adalah drying yang menggunakan nyala api. Hal ini dapat dilakukan dengan memasukkan material pada menara yang pada bagian dalamnya ada aliran gas yang panas.
2. Rotary drying, dengan cara memutar material terua menerus pada silinder yang ada aliran gas panasnya.
3. Rubble-hearth drying, ini dilakukan dengan memutar secara mekanik di atas material pada “horizontal hearth” yang ada aliran gas panasnya.

Itulah postingan tentang Rangkuman Tentang Dewatering Lengkap Dengan Rumus, semoga bermanfaat buat kalian yang membacanya.