Tips Agar Bayi Cepat Bicara Dengan Lancar

Tips Agar Bayi Cepat Bicara Dengan Lancar

Willy Ahmadi - Tips Agar Bayi Cepat Bicara Dengan Lancar - Mempunyai anak yang masih bayi terkadang memang merasa tertantang untuk mengurusi anak kita dengan penuh kasih sayang. Nah, pada postingan kali ini saya akan sedikit berbagi tips supaya bayi cepat ngomong bagi anda yang sedang memiliki sang buah hati yang masih kecil seperti yang saya kutip dari Tribunnews.
Bayi belajar berbicara dengan mengamati lingkungannya. Jika orang yang mengasuhnya rajin mengajaknya berbicara, kemampuan berbicaranya juga semakin banyak dan ia makin lancar mengoceh. Karena itu meski ia belum bisa berbicara, jangan bosan mengajaknya berkomunikasi. Nah, untuk itu berikut Tips Agar Bayi Cepat Bicara Dengan Lancar:

1. Coba Berikan Pengulangan kata pada Bayi anda
Minta pada sang balita untuk mengulangi perkataan yang Anda ucapkan untuknya. Gunakan kata-kata sederhana agar anak bisa mengingatnya dan mengikuti perkataan Anda. Dengan begitu otak anda akan merekam setiap kata yang kita omongkan.

2. Berikan Sebuah bacaan buku yang bermanfaat untuk sang anak dengan dibacakan
Membacakan dongeng sebelum tidur akan membantu memperkaya kosa katanya dalam rekam otaknya. Bukan hanya membaca, cobalah tirukan suara hewan, instrumen, bahkan suara musik. Ini bisa mendorong anak untuk menirunya dengan efektif.

3. Berikan Beberapa Irama Musik Kepada Sang Buah Hati
Setiap bayi suka mendengarkan lagu dan musik. Karena itu ajak ia bergembira lewat lagu-lagu. Mendengar lagu yang akrab di telinganya bisa merangsang minatnya untuk ikut bernyanyi. Hal ini akan membuat sang balita tersenyum dan menyenangkan.

4. Cobalah Ajak bicara kepada sang buah hati
Kesibukan sang mama papanya atau pengasuh yang pelit bicara sering menjadi alasan utama mengapa anak-anak membutuhkan waktu lama untuk mulai lancar bicara. Oleh Karena itu ajak sang buah hati untuk berkomunikasi.

Ceritakan apa kegiatan Anda hari ini sambil menatap matanya dan mengelus elus kepanya. Biasanya bayi akan memberikan respon melalui ocehan atau tertawaan. Jika bayi tampak terlalu diam atau tidak mengoceh sebanyak bayi lainnya, Anda boleh curiga dan mengajaknya ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.

5. Ajaklah Sang Buah Hati Untuk Bersosialisasi
Ajaklah bayi kita untuk bergabung dengan anak-anak lain yang sepantar dengan sang buah hati kita. Bertemu dengan teman-temannya juga akan membuatnya belajar berkomunikasi dan membuat hatinya senang.

Well, itulah beberapa informasi seputar Tips Agar Bayi Cepat Bicara Dengan Lancar dari Willy Ahmadi. Semoga tips tersebut bermanfaat bagi anda yang membacanya.