Isi Kotak P3K Lengkap Yang Wajib Di Masukan

Isi Kotak P3K Lengkap Yang Wajib Di Masukan

Browilly.ID - Isi Kotak P3K Lengkap Yang Wajib Di Masukan, daftar obat yang wajib diisi di dalam kotak P3K Standard Nasional Indonesia (SNI). Apa Saja Isi Kotak P3K? Pastinya anda masih binggung tentang isi yang wajib ada di dalam kotak serbaguna tersebut. Kotak P3K wajib kita sediakan baik itu dirumah, kantor, maupun sekolah. Dalam aktivitas yang kita lakukan sehari-hari pasti ada aja kejadian yang tidak pernah kita duga sebelumnya kejadian tersebut pasti akan terjadi dengan tiba-tiba terlebih lagi apabila hat tersebut terjadi pada yang namanya kesehatan. Tentunya kita tidak pernah berhadap hal tersebut akan menimpa kita. Semua kejadian tersebut memang sudah diatur oleh ya sang kuasa. Untuk itu ada baiknya apapun itu aktivitasnya kita perlu waspada terlebih lagi untuk kesehatan kita dengan mempersiapkan alat dan bahan pertolongan pertama yang sering kita sebut dengan P3K.

Isi Kotak P3K

Apa itu P3K? Bagi anda yang belum mengetahui pengertian dari P3K disini saya akan memberitahukannya kembali. P3K adalah Bantuan yang dilakukan dengan cepat dan tepat kepada sang korban sebelum sang korban dibawa ke rumah sakit. P3K pada dasarnya berkaitan dengan PP. Apa itu PP? PP adalah Pemberian pertolongan sesegera mungkin kepada penderita yang sakit maupun korban kecelakaan yang sangat memerlukan penanganan medis dasar, yaitu suatu tindakan perawatan yang didasarkan pada kaidah ilmu kedokteran yang dapat dimiliki siapa saja termasuk oleh orang awam sekalipun khusus yang dilatih memberikan pertolongan pertama. Jadi PP itu adalah pertolongan pertama yang harus anda lakukan kepada sang korban dengan penangan yang tepat dan benar setelah itu lekaslah anda bawa sang korban kerumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih instensif.

Untuk itu dalam penganannya kita sangat membutuhkan yang namanya kotak P3K, lalu apa isi yang ada di dalam kotak P3K itu? Berikut saya akan mejabarkannya isi yang ada didalam kotak P3K untu Keluarga secara lengkap, Kantor dan Sekolah bisa menyesuaikan.

Sebelum anda memakai bahan-bahan atau obat obatan ini harap anda membaca atau mengetahui penggunaannya terlebih dahulu. Penggunaan bisa anda lihat dibelakang keterangan obat atau anda bisa tanya langsung ke apotek.

Isi Penting Bahan Tambahan Di Dalam Kotak P3K
1. Plaster (Hypafik Ukuran 5 x 5 , atau Micropore untuk kulit sensitif)
2. Iodine Providone 30ML (Misal: Betadine + Salep betadine yang 10 ml)
3. Alkohol 70%
4. Rivanol
5. Kapas Bersih(Bebas/ Kapas Sari / Husada 50 Gr )
6. Perban Gulung 5 cm
7. Perban gulung 10 cm
8. Kasa Steril Husada Min 2 box untuk menutup luka kecil.
9. Perban Elastis
10. Kain segitiga atau Mitella (spt dasi pramuka) + safety pin (peniti)
11. Gunting
12. Thermometer
13. Sarung Tangan Steril
14. Cotton Bud

Isi Obat-Obatan Penting Di Dalam Kotak P3K
1. Paracetamol 500 mg tablet untuk Mengatasi Nyeri, sakit kepala, dan Demam.
2. Obat CTM (Untuk Alergi)
3. Obat Tetes Mata ( Seperti: Rohto,Visine, atau merek lainnya )
4. Obat Diare ( Seperti Diapet, Entrostop, norit atau merek lainnya)
5. Obat Pencahar atau Pelembek Feces Kesulitan BAB ( Dulcolax Tablet)
6. Cream Untuk Luka Bakar ( Burnazine atau Bioplacenton)
7. Minyak Kayu Putih
8. Balsem (Merek Bebas)
9. Obat Asma Hirup ( Konsultasikan ke dokter sebelum menyimpannya)
10. Obat Batuk (OBH atau merek lainnya)

Kotak P3K dalam Keluarga, Kantor atau Sekolah wajib DISEDIAKAN agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. CEGAH DARI AWAL SEBELUM BERTAMBAH PARAH

Well, itulah seputar infomrasi tentang Isi Kotak P3K Lengkap Yang Wajib Di Masukan dari Browilly dan daftar lengkap bahan serta obat-obatannya. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat buat anda yang membutuhkannya atau sebagai bahan refrensi tambahan anda.
Baca Juga: Daftar Makanan Yang Sangat Tinggi Pemicu Asam Urat)