Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil Menjadi Untung!

Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil Menjadi Untung!

Sahabat Browilly! Apakah anda tahu, bahwa untuk menjalankan bisnis itu tidak perlu ribet dan hanya dengan mengetahui konsepnya saja? Ehmm,, pada tulisan kali ini disini saya akan sedikit berbagi tips bagimana menjalankan bisnis rumahan hanya dengan modal kecil dan menjadi super untung.

Seiiring dengan bertambahnya dan berputarnya waktu pastinya akan semakin bertumbuh pengusaha di Indonesia. Modal bukan penghambat untuk membatalkan rencana bisnis kita. Apabila kita ingin memulai bisnis dan berfikir untuk memikirkan modal awal saya rasa itu semua akan membuang-buang waktu anda. Kita hanya perlu konsep, apabila konsep sudah didapatkan maka kita butuh action. Action dalam hal bisnis pastinya juga butuh biaya kan? Nah, apabila biaya yang kita punya kurang dari apa yang tertanam dari konsep bisnis anda, anda bisa memangkas beberapa hal yang menjadikannya sangat besar atau beban. Mulailah dari bisnis yang sedarhana, dan perlahan masuklah kedalam konsep bisnis seusai apa yang anda inginkan. 



Sebagai contoh, kita bisa memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar anda untuk memaksimalkan usaha yang akan anda jalankan, misalnya anda bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha awal anda agar bisa mengurangi atau mengganti biaya sewa tempat usaha, memanfaatkan keluarga sebagai yang menjalankan bisnis anda untuk menggantikan biaya karyawan. 

Berikut saya berikan beberapa bisnis modal kecil yang bisa anda lakukan dirumah:  

1. Bisnis rumahan dengan membuka les private

 Membuka sebuah tempat les atau khursus dengan tenaga ahli anda senderi bisa anda lakukan dirumah apabila anda mempunyai kemampuan dibidang tertentu. Misalnya: Les Gitar, les Biola, les Bahasa Inggris, les komputer, les matimatika, les fisika, les kimia dll...
TIPS:  Berikan kemampuan ilmu pengetahuan anda kepada siswa/siswi yang anda ajar secara detail dan jangan lupa ngajarnya jangan galak-galak ya.. :)

2. Bisnis rumahan dengan membuka jasa jahit 

 Membuka jasa jahit mungkin salah satu alternatif bisnis rumahan yang bisa anda coba bagi anda yang mempunyai kemampuan menjahit. Apabila anda berkemampuan biasa saja, disini anda tidak perlu teralu repot belajar mode jahit yang teralu rumit cukup anda pelajari cara menjahit yang simpel yaitu berupa mengecilkan baju dan celana. Apabila anda mahir dengan kemampuan simpel itu saja saya yakin ini bisa menjadikan bisnis rumahan bagi anda yang efektif. 
TIPS: Perlakukan konsumen anda secara bijak, teliti dan rapi ketika menjahit jangan sampai konsumen anda komplain.  


3. Bisnis rumahan dengan jajanan kuliner

Yang dimaksud saya dalam bisnis ini adalah cobalah anda membuka bisnis kuliner di rumah anda. Anda bisa membuat sesuatu makanan ataupun minuman es dirumah anda. Contoh: Gado-Gado, Ketoprak, Lontong Sayur, Nasi Uduk, Gorengan, Pecel lele, Nasi Goreng, Bakmi Jawa, Es kelapa muda, Es Campur, Dll..
TIPS: Buatlah makanan atau minuman yang anda jual secara spesial kepada konsumen, jangan lupa kualitas dan rasa harus anda jaga.   

4. Bisnis rumahan dengan berjualan pulsa 

Untuk bisnis satu ini pastinya anda sudah mengetahuinya bukan? Yups betul sekali, bisnis ini saya rasa sangat efektif bila anda coba. bisnis jualan pulsa bisa anda lakukan dimana saja. Buatlah konsumen merasa nyaman dengan penjualan anda. 
TIPS: Buatlah dibawah harga standar dari penjual lain disekitar lingkungan anda yang terdapat bisnis serupa. Dan jangan lupa jaga sikap dan keramahan anda dengan konsumen.  
Saya rasa beberapa contoh bisnis rumahan yang telah saya bahas tersebut cukup untuk anda jadikan refrensi. Tidak usah teralu besar untuk memulai awal bisnis anda, lakukanlah hal yang sederhana dulu untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari modal kecil.