Orang Asing Diizinkan Oleh Jokowi Punya Apartemen Asal Di Atas Rp 10 M

Orang Asing Diizinkan Oleh Jokowi Punya Apartemen Asal Di Atas Rp 10 M


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan paket kebijakan ekonomi tahap I untuk menggerakan ekonomi nasional. Selain itu, ada banyak regulasi yang diperbaiki atau deregulasi.

Dalam hal kebijakan untuk menggerakan ekonomi nasional, ada upaya untuk mendorong investasi di sektor properti di dalam negeri. Kepemilikan properti untuk orang asing akan dibuka.

Dalam dokumen paket kebijakan tahap I dikutip detikFinance, Rabu (9/9/2015), investasi sektor properti mengalami penurunan permintaan, di sisi lain pembangunan properti memberi dampak yang cukup luas ke berbagai sektor.

Untuk mengatasi pelemahan di sektor properti dilakukan berbagai kebijakan, antara lain:

  • Membuka kepemilikan orang asing terhadap properti khususnya untuk rumah susun (apartemen) mewah dengan harga Rp 10 miliar ke atas.
  • Perubahan Peraturan Pemerintah (PP) untuk memperkuat peran Perumnas dalam pembangunan rumah susun bagi masyarakat, khusus yang berpenghasilan rendah.
  • Penyelesaian PP hunian berimbang untuk mendorong pembangunan perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah oleh pengembang swasta.


"Pemerintah mendorong pembangunan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan membuka peluang investasi yang lebih besar di properti," kata Jokowi saat mengumumkan paket kebijakan di Istana Negara.

Selama ini orang asing hanya boleh mendapatkan hak pakai selama 25 tahun untuk properti yang dibelinya, dan hanya bisa diperpanjang 20 tahun.

Sumber: http://finance.detik.com/read/2015/09/09/210227/3014730/1016/jokowi-izinkan-orang-asing-punya-apartemen-di-atas-rp-10-m

Dari berita terbaru yang dimuat di Detik.com disini saya ingin sedikit berkomentar dan memberi tanggapan terhadap pernyataan ini.


Mengapa Jokowi memberikan kebijakan ini? 
Hal ini dikarenakan bisa jadi untuk menguatkan rupiah. Karena orang asing otomatis akan membeli rupiah dengan membayar memakai dollar. Dan ini bisa meningkatkan cadangan devisa negara kita.  

Saran Browilly
Pak Jokowi, Coba anda benahi dahulu keamanan negara kita. Jangan sampai orang asing dengan bebas membeli apartemen dengan tujuan tertentu yaitu negatif yang bisa mengancam masyarakat kita. Mereka orang berduit dan mereka pasti mampu membeli apartement di Indonesia dengan harga selangit. Jadi, tolong tingkatkan dan perketat perizinannya jangan sampai negara kita dicap sebagai negara mata duitan dan mengorbankan rakyat. Karena biar bagaimanapun juga semua kebijakan yang Pak Jokowi sampaikan harus menghasilkan keuntungan untuk Rakyat Indonesia.