Berbagai Konsep Marketing Yang Fundamental

Berbagai Konsep Marketing Yang Fundamental

Pada postingan kali ini BroWilly akan membahas tentang berbagai konsep pemasaran yang Fundamental, seperti apa konsep terebut? Mari kita simak bersama-sama.



Konsep Inti:

a. Needs, wants, and demand: Needs adalah kebutuhan manusia yang paling dasar seperti makan, minum, dan sebagainya. Wants adalah kebutuhan yang diarahkan pada sasaran tertentu tidak semua kebutuhan akan diubah menjadi keinginan. Sebagian dari kebutuhan akan dicoba dipenuhi, ada yang ditunda, ada yang dilupakan atau ada ditiadakan sama sekali. Jadi wants adalah needs yang terselektif. Sedangkan demands adalah wants untuk produk tertentu yang didukung dengan kemauan dan kemampuan untuk membayar harganya.

b. Pasar sasaran, positioning, dan segmenting: Karena alasan heterogenitas di dalam prilaku masyarakat, pemasar membagi atau mengelompokkan pasar menjadi berbagai segmen pasar. Masing-masing segmen memiliki daya tarik pasar yang berbeda dan menawarkan peluang pasar yang juga berbeda. Segmen pasar yang memberikan peluang pasar yang besar akan dipilih sebagai pasar sasaran (target market). Untuk masing-masing pasar sasaran yang dipilih perusahaan akan menciptakan dan mengembangkan tawaran pasar terntentu (a market offering) berbagai tawaran pasar ini akan diposisikan atau ditanamkan di benak konsumen yang menjadi pasar sasaran dengan menawarkan manfaat utama tertentu, misalnya Mercedes menawarkan prestise dan kenyamanan, Volvo keamanan, dan sabun Lux kecantikan.

c. Tawaran/offering dan merek dagang/brand: Tawaran adalah seperangkat nilai yang dipreposisikan, yaitu seperangkat manfaat dari produk yang ditawarkan kepada konsumen, nilai yang ditawarkan ini dirubah menjadi sesuatu yang bersifat fisik yang kita kenal sebagai tawaran, dan tawaran ini dapat berupa satu kombinasi yang terdiri dari produk servis, informasi, dan pengalaman.

d. Nilai dan kepuasan: Nilai mencerminkan manfaat yang tampak dan tidak tampak yang dipersepsikan beserta biayanya. Bagi konsumen nilai ini dapat dilihat sebagai kombinasi antara kualitas, servis dan harga. Kombinasi ini disebut Customer Value Triad. Sementara itu, kepuasan (satisfaction) mencerminkan tentang pertimbangan kompratif seseorang sebagai hasil dari kinerja produk yang dipersepsikan dibandingkan dengan harapan seseorang tentang produk yang bersangkutan.

e. Saluran pemasaran (marketing channel): Untuk mencapai pasar sasaran yakni konsumen atau pembeli pemasar menggunakan tiga macam marketing channel yaitu:


- Saluran komunikasi: berguna untuk menyampaikan dan menerima pesan-pesan dari perusahaan dan dari pasar sasaran secara timbal balik.

- Saluran distribusi: berguna untuk memajang, menjual, atau menyampaikan produk fisik atau jasa kepada pembeli atau konsumen.

- Saluran servis: berguna baik untuk menuntaskan kegiatan transaksi dengan pembeli potensial, maupun untuk menerima dan melakukan layanan yang diperlukan oleh pembeli dari produk.


f. Mata rantai supply: menjelaskan saluran yang memanjang dari tingkat material, tingkat komponen, dan suku cadang yang diperlukan, sampai ke produk jadi yang diantarkan ke pembeli akhir.

g. Persaingan: di dalam persaingan ini termasuk di dalamnya tawaran potensial dan produk substitusi baik yang secara rill maupun potensial dapat dipertimbangkan oleh pembelinya untuk memenuhi kebutuhan mereka.


h. Lingkungan pemasaran terdiri dari 2 komponen yang pertama yang disebut dengan lingkungan tugas (task environment) yang terdiri dari semyua pelaku yang terlibat di dalam memproduksi, mendistribusim dan mempromosikan tawaran tawaran mereka. Komponen yang kedua disebut dengan lingkungan luas (broad environment) yang terdiri dari 7 elemen yakni demografi, ekonomi, lingkungan fisik, teknologi, politik dan hukum serta lingkungan social cultural (lingkungan makro/eksternal.)


Lingkungan pemasar makro mempengaruhi secara signifikan perilaku dari para pelaku pasar. Kemampuan para pelaku pasar dalam menanggapi lingkungan dan perubahan-perunahan yang selalu terjadi akan mempengaruhi keberhasilan pelaku pasar dalam menjalankan aktivitas bisnisnya.


i. Planning pemasaran: proses perencanaan pemasaran terdiri dari tahap menganalisa peluang pasar, memilih pasar sasaran, merancang strategi pemsaran, mengembangkannya menjadi program pemsaran, dan mengelola kegiatan pemsaran.