Karekteristik Pemasaran di Abad 21 Dan Implikasinya

Karekteristik Pemasaran di Abad 21 Dan Implikasinya

Pada postingan kali ini Browilly akan membahas seputar salah satu metode pemasaran dalam karekteristik pemasaran di Abad 21 dan efek yang ditimbulkan atau dampak yang dirasakannya.



Perbedaan pemasaran pada abad 21 dengan sebelumnya antara lain:

1. Proses globalisasi sudah mendunia, dalam arti melibatkan hampir semua bangsa atau negara di dunia. Aliran bebas barang, jasa, modal, teknologi, dan tenaga kerja antarnegara di dunia semakin mudah, karena adanya perjanjian pasar bebas antarnegara dengan cara menurunkan ataupun menghapus pajak masuk dari produk di antara mereka. Sehingga batas kedaulatan ekonomi suatu negara semakin pudar meskipun kedaulatan politik hukumnya masih tetap utuh.

2. Pengaruh Digitalisasi juga sudah sangat intensif terutama pengaruhnya terhadap teknologi komunikasi dan teknologi informasi yang mampu menyebarkan informasi pasar yang jauh lebih baik, lebih akurat, dan real time. Teknologi ini mampu merubah prilaku pasar karena penguasaan informasi yang lebih baik oleh konsumen, pedangang perantara, rekanan, dan produsen.

3. Penggunaan online marketing baik untuk upaya promosi maupun transaksi antarpembeli dan penjual.

4. Tren semakin banyak kerjasama ekonomi dalam kawasan maupun antarkawasan semakin luas, dengan diberlakukannya kawasan perdagangan bebas.

5. Semakin banyak negara yang berusaha meningkatkan kesejahteraan rakyatnya melalui program pembangunan ekonomi berdasarkan industrialisasi. Negara-negara sedang berkembang akan semakin banyak membutuhkan modal, teknologi, tenaga terampil, kemampuan manajerial yang harus disewa atau dibeli dari negara-negara yang sudah berkembang. Hal itu memacu semakin luasnya tren perdagangan bebas antarnegara.

Hal-hal tersebut berakibat pada ketergantungan ekonomi suatu negara pada ekonomi global. Sehingga fungsi pemasaran baik oleh perusahaan maupun oleh negara menjadi semakin penting.

Secara lebih khusus implikasi pemasaran yang terjadi adalah:

a. Terciptanya satu pasar "pasar dunia"

b. Adanya tren untuk melakukan outsourcing baik sumberdaya alam maupun sumberdaya-sumberdaya yang lain. Hal itu dilakukan karena kelangkaan sumberdaya dari dalam negeri ataupun karena sumberdaya dapat diperoleh dengan lebih murah di luar negeri.

c. Semakin pentingnya peranan produk dengan kualitas lebih baik yang diproduksi melalui Total Quality Management (TQM) yang dituntut oleh masyarakat dunia.

d. Semakin diperlukannya informasi pasar yang lebih lengkap, lebih baik atau akurat tentang konsumen maupun pesaing di berbagai pasar di dunia.

e. Semakin pentingnya membuat pilihan antara Globally Standardized Product vs Country Unique Product.