Pergeseran Dalam Manajemen Pemasaran

Pergeseran Dalam Manajemen Pemasaran

Sejumlah kecenderungan dan berbagai kekuatan yang penting menimbulkan adanya kepecayaan maupun praktik-praktik bisnis yang baru di pihak para pelaku bisnis. Sehingga marketers perlu memikirkan kembali berbagai filosofi, konsep, dan peralatan yang mereka perlukan. Beberapa yang perlu diertimbangkan antara lain:



a. Dari kepercayaan marketers melaksanakan kegiatan marketing menjadi tugas semua orang dalam perusahaan. Sehingga perusahaan mulai menekankan tentang perlunya kerjasama interdepartemen untuk melaksanakan inti yang diperlukan.

b. Dari pegorganisasian sesuai produk yang ditawarkan menjadi pengorganisasian sesuai pasar atau segmen pelanggan. Dari Sekedar terfokus ada produk menjadi manajer produk yang lebih fokus kepada segmen-segmen pelanggan yang ada.

c. Dari keputusan membuat segala sesuatunya oleh perusahaan sendiri, menjadi lebih banyak membeli dari luar bila diperlukan.

d. Dari memiliki banyak supplier menjadi lebih cenderung untuk bekerjasama dengan lebih sedikit supplier dalam bentuk kemitraan.

e. Dari menggantungkan pada pasar yang ada menjadi cenderung mencari atau menciptakan psar pasar baru.

f. Dari menekankan perlunya aset fisik yang tampak menjadi lebih mementingkan aset yang tidak tampak seperti merek dagang/brand, pelanggan, tenagan kerja, distributor, dan hubungan dengan suplier.

g. Dari mengembangkan merek dagang melalui program iklan menjadi mengembangkan merek dagang melalui kinerja produk dan pemasaran.

h. dari Upaya untuk menarik pelanggan datang ke toko-toko pengecer dan wariniaganya menjadikan produk ini dapat diperoleh secara online,

i. Dari menjual kepada setiap orang menjadi berusaha untuk menjadi perusahaan terbaik yang melayani pasar sasaran yang terseleksi dengan baik.

j. Dari berfokus pada transaksi yang menguntungkan menjadi lebih fokus pada nilai pelanggan seumur hidup (customers life time value)

k. Dari perusahaan lokal meningkat menjadi perusahaan orientasi global yang memperhatikan karakteristik lokal.

l. Dari terfokus pada financial scorecard menjadi terfokus pada marketing socrecard (yang terdiri dari pangsa pasar, loyalitas pelanggan, tingkat kepuasan pelanggan, kualitas produk, dan tingkat pelanggan yang hilang.)

m. Dari terfokus pada shareholder menjadi terfokus pada stakeholder (yang terdiri dari pemilik manajer perusahaan, investor, pelanggan, suplier dan pedangan perantara)

1 komentar

  1. FBS – Dapatkan Bonus Deposit Sekarang Juga, bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex http://fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di http://fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui

    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

    BalasHapus