Manfaat Mempunyai Uang Elektronik di Indonesia

Manfaat Mempunyai Uang Elektronik di Indonesia

Bro Willy - Manfaat Mempunyai Uang Elektronik di Indonesia, Siapa sich yang gak tau dengan uang elektronik? Uang Elektronik dijaman yang serba instan dan modern ini sangat bermanfaat sekali bagi para penggunanya.


Uang elektronik (atau uang digital) adalah uang yang digunakan dalam transaksi Internet dengan cara elektronik. Biasanya, transaksi ini melibatkan penggunaan jaringan komputer (seperti internet dan sistem penyimpanan harga digital). Electronic Funds Transfer (EFT) adalah sebuah contoh uang elektronik.

Uang elektronik memiliki nilai tersimpan (stored-value) atau prabayar (prepaid) dimana sejumlah nilai uang disimpan dalam suatu media elektronis yang dimiliki seseorang. Nilai uang dalam e-money akan berkurang pada saat konsumen menggunakannya untuk pembayaran. E-money dapat digunakan untuk berbagai macam jenis pembayaran (multi purpose) dan berbeda dengan instrumen single purpose seperti kartu telepon. Wikipedia

Kayaknya semakin lama perilaku masyarakat Indonesia mulai berubah terutama dalam hal bayar membayar. Saat ini penggunaan uang cash sudah menjadi lebih sedikit dan digantikan dengan yang namanya uang Elektronik. Soalnya menurut pengamatan Browilly kalau kita ambil uang cash pasti uang tersebut akan terasa lebih cepat habis dibanding apabila uang tersebut tersimpan dalam saldo elektronik maupun Tabungan.

Seiiring berkembangnya teknologi dan bertambahnya daya saing pasar yang sangat pesat muncul berbagai jenis uang elektronik (UNIK), termasuk sistem mobile payment. Berbeda dengan kartu kredit, sistem uang elektronik mengharuskan kita punya saldo terlebih dahulu baru bisa transaksi. Jadi sifatnya prabayar. Kalau saldonya habis, ya gak bisa belanja dan harus diisi terlebih dahulu baru bisa kita gunakan kembali.

Berikut berbagai macam produk-produk uang elektronik yang tersedia di Indonesia.


Saat ini Uang Elektronik diterapkan sebagai sistem pembayaran oleh perusahaan transportasi seperti Trans Jakarta dan KAI untuk Commuter line. Jadi mau gak mau kita harus punya Uang Elektronik dulu baru bisa naik bus atau kereta.

Sebenernya menurut Browilly Uang Elektronik memiliki berbagai manfaat yang menguntungkan untuk kita sebagai pengguna antara lain:

1. Kita Tidak Perlu antre buat beli tiket, atau minimal bisa mengurangi antre.

Berangkat udah pagi-pagi, sampai stasiun tahunya antrean loket panjang banget. Mana gak punya kartu terusan/uang elektronik. Kalau punya kan, Alhamdulillah jadi gak perlu antre panjang yang kaya uler gitu. Sampai stasiun langsung tempel kartu dan masuk peron. Pas selesai naik kereta, petugas juga gak perlu satu per satu ngecek kartu. Karena mesinnya udah bisa ngitung sendiri tarif yang dikenakan secara otomatis, jadinya gak perlu antre panjang buat keluar stasiun.

Saat ke bioskop juga enak, beli tiket bisa di rumah. Sampai bioskop tinggal ke anjungan tiket mandiri, tempel kartu trus print. Hemm.... Jadi gak khawatir kehabisan bangku buat nonton film favorit.

2. Gak ribet nyari recehan
“Ada uang pas mba?”

Adoooghhhh, ini nih paling sebel kalau belanja ditanyain uang pas. Masa kita yang nyiapin kembalian. Bete ah.
Kalau pakai uang elektronik kan enak, tinggal tempel kartu, lunas deh sampai transaksi yang belakangnya 50 rupiah atau 1 rupiah juga bisa. Plus ngemudahin pramuniaganya juga buat gak nyari recehan ke toko sebelah.

3. Minimalisir korupsi

“Totalnya Rp 20,300 pak!. 300 rupiahnya boleh disumbangin?”

Kalau ane sih gak ane kasih hahahahag...
Enaknya pakai uang elektronik sih, gak perlu khawatir kembaliannya dikorup. Jadi kita membayar sesuai dengan nominal yang kita belanjakan. Hemm... termasuk juga saat bayar abang taksi. Hemm.... Argonya 61.000 kalau dibayar pas manyun tuh supirnya. Dikasih 70.000 kagak dikembaliin. Kelakuannya kaya gini yang paling males bro!.

4. Bikin dompet kamu keren

Kartunya banyak ya, semoga aja duitnya banyak.
Ya paling enggak jadi pajangan dompe

Well, itulah seputar informasi tentang Manfaat Mempunyai Uang Elektronik di Indonesia yang mungkin anda belum mengetahuinya. Manfaat tersebut adalah sebagian kecilnya saja, masih banyak sekali manfaat dan kemudahan yang akan kita dapatkan bila kita menggunakan uang elektronik.