Pengalaman Unik Ketika Bekerja Di Restoran Cepat Saji

Pengalaman Unik Ketika Bekerja Di Restoran Cepat Saji

Browilly.ID - Hallo sahabat blogger! Pada postingan kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang bagimana rasanya bekerja di restoran cepat saji. Pengalaman ini sebenernya bukan pengalaman pribadi saya melainkan pengalaman teman saya yang sengaja saya posting disini agar sobat bro dapat memetik pelajaran dari pengalaman tersebut.
mengutip dari sebuah penelitian terbaru lembaga penelitian asal Australia, Roy Morgan menunjukkan bahwa lebih dari 55 juta masyarakat yang ada di Indonesia membeli makanan di restoran cepat saji. Data tersebut mencakup mereka yang makan di restoran, membeli dengan layanan tanpa turun (drive thru), Online ataupun memesan dan mengirimkan ke rumah. 

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa restoran paling diminati masyarakat Indonesia, urutan pertama diduduki oleh Restoran Sederhana yang menyajikan masakan khas padang, Selanjutnya adalah jaringan makanan cepat saji internasional termasuk McDonald's, Pizza Hut dan Burger King serta berbagai jaringan restoran lokal termasuk Solaria, Hoka Hoka Bento, dan D’Cost Seafood. 

Mengutip cerita dari sahabat bloger saya ketika beliau bekerja di restoran cepat saji yang pemiliknya adalah orang asli Indonesia. Tetapi, sistem kerjanya sangat menganut negeri tersebut. Tidak pernah dipungkiri jepang memang identik dengan kedisiplinan tinggi. 

Dan, ini adalah pengalaman yang beliau rasakan selama bekerja hampir 4 bulan di tempat tersebut. Wah sebentar sekali. hehehe... 

DILARANG DATANG TERLAMBAT DIATAS JAM DATANG MANAGER/SUPERVISOR YANG BERTUGAS DI SHIFT TERSEBUT. 

Jadi, berhubung restoran tersebut berada di dalam sebuah mall. Jam masuknya itu pukul 07.30 WIB, tentu saja kita harus prepare segala macam mulai dari area lobby-counter-area cook, dsb. Nah, bagi kita para pekerja junior, haram hukumnya hadir terlambat. Saya pernah 1 kali datang terlambat, melebihi datangnya manager saya yang hobi ngaret (pernah dia hadir jam 8.10 WIB tanpa berkata apapun) dan dihadiahi omelan hampir satu jam. uhmmmm kan bro? hehehe 

JIKA KAMU ADALAH JUNIOR, KAMU ADALAH STRATA TERENDAH DI TEMPAT INI.

Iya, senioritas memang sangat berlaku disini loh bro. Senior selalu benar di atas segala hal, mulai dari mereka yang mengajari hal basic mulai dari cara bersikap di area Lobby. Naik ke area counter, menghafal menu makanan, dsb, sampai ke area yang sebenarnya saya paling sukai ketimbang area Lobby. 

Tempat cuci piring... Iya, saya lebih suka cuci piring segunung dibanding harus berdiri menyapa pelanggan masuk, membawa piring kotor bolak balik sambil ngelap meja. Kaki saya hanya perlu bergeser dari bak bilas, cuci, dan sterilize. Capek memang, dan berkerut. Tapi itu lebih baik versi saya loh ya guys. Dan, pada tahap ini. Harap jangan melakukan kesalahan satu titik pun. Kalau tidak, nama kita akan dibacakan saat para senior sedang asik bergosip-gosip manjaaaah. 

SHIFT SIANG YANG BENAR BENAR MALAM 

Ini mungkin sering dialami para pegawai restoran cepat saji, Bagi kalian yang habis pulang nonton, trus berfikir ingin makan di restoran mall saat waktu sudah pukul 20.00. Sebenarnya, di balik itu ada wajah para pegawai yang menginginkan kalian cepat pulang loh broooo. hikssss Saya pernah pulang sampai rumah pukul 02.00 pagi, dan jam rutin saya setiap pulang adalah pukul 01.00. 

Kalian tau, saat mengakhiri shift siang di sebuah restoran adalah benar benar meng-clear all area (atau kau akan dihadiahi bacotan keesokan harinya) kalau kerjaanmu tidak beres. Lobby, mencakup bangku, meja, tempat saus, wastafel harus benar-benar bersih sempurna. Bangku harus diangkat ke atas meja, lantai harus kinclong bagai porcelain. Counter, tempat di mana makanan disajikan harus rapi tanpa meninggalkan kotoran dan serpihan. 

Kaca harus dilap setiap hari, dan alat-alat racik minuman harus dicuci dan dimasukan ke dalam plastik. Begitu pun kalau saya ada di bagian cuci piring. Jangan harap kalian bisa meningggalkan piring kotor satu pun di tempat ini. Dan, peraturan wajib ini yaitu junior paling muda, harus bersedia membersihkan grease trap pembuangan air. heheheh 

MAU PULANG CEPAT?

Kalau pulang shift siang bisa sampai lewat tengah malam, jangan harap kalian pada saat masuk shift pagi kamu bisa pulang di bawah bedug maghrib. Hahaha hal seperti itu hanya dapat sepersen kemungkinan, jika kamu benar-benar telah selesai mengerjakan tugasmu. Tau tugas akhir shift pagi apa? Melipat, memasukan mika, tissue, saus sambal dan alat makan box take away Dan saya harus membuatnya minimal 100 pak, demi kelancaran shift bekerja besok.

Emzzz mantab kan? bekerja di restoran cepat saji memang amaat sangat melelahkan. Penuh menguras emosi, tenaga,pikiran. Menghadapi atasan yang sangat arogan, senior nyinyir, konsumen judes. Dan, weekend yang kadang membuat saya sulit sekali bernafas. Setidaknya, di sana saya belajar suatu kedisiplinan mendasar. 

Ketepatan, dan kecepatan waktu. Saya resign karena mendapat tawaran pekerjaan yang lebih, baik. Dan bekerja di tempat itu sampai saat ini, kenyamanan batin dan kekeluargaan saya dapatkan di tempat yang saya bekerja sekarang. Tentunya bukan dunia ini lagi. Tetapi, saya tidak pernah menyesal pernah bekerja di Restoran ini. ( Source : Farhaanisa Anisa) 


 Kutipan motivasi dari Bro Willy untuk sahabat blogger ketika mau bekerja dimanapun anda berada
"Bersabarlah, segala sesuatu itu awalnya sulit sebelum menjadi mudah." Semua hal pasti akan terasa sulit pada awal dikerjakan. Hal ini wajar karena tidak semua orang pernah mengalami semua pengalaman hidup dan bekerja. Ada fase belajar yang harus dilalui orang sebelum akhirnya menjadi ahli dalam bidang pekerjaannya. Berjuanglah dan tetap bertahan meski Anda merasakan hal paling buruk dalam bekerja, karena pengalaman itu akan bisa Anda tanggapi secara lebih baik bila menemukan keadaan sama di kemudian hari.
Salam Sahabat Browilly.ID