Resep Sayur Asem Khas Betawi Paling Enak

Resep Sayur Asem Khas Betawi Paling Enak

Hallo sobat Browilly, Pada postingan kali ini saya akan memberikan Resep Sayur Asem Khas Betawi yang rasanya telah teruji dan enak loh... Gak percaya? yuk kita cobain guys.. Sayur asem adalah masakan sejenis sayur Asli khas Indonesia. 

Ada banyak variasi lokal sayur asam loh bro seperti sayur asam Jakarta, sayur asam kangkung, dan sayur asam ikan asin. Sayur asam dari Sumatera memiliki kuah yang lebih keruh, merah, dan berminyak dibandingkan dengan sayur asam Betawi yang berkuah bening, Sayur asam dari Aceh dikenal juga dengan nama sayur asam sunti, Kalimantan, tepatnya Kalimantan Selatan, sayur asam memakai terung asam (asam rimbang), kunyit, dan kepala ikan patin. 

Di Pulau Jawa sendiri ada banyak ragam sayur asam. Seperti sayur asam ala Jawa Timur yang dikenal memiliki cita rasa cenderung pedas, Jawa Barat, sayur asam Sunda cenderung lebih sedikit isinya dan ciri khas yang menonjol adalah menggunakan kacang tanah yang sudah terkupas. Bukan kacang tanah beserta kulit seperti pada sayur asam Betawi, Semarang, sayur asam dominan dengan rasa pedas dan asam. Beda lagi dengan sayur asam Solo yang rasanya tidak tajam dengan bumbu. 

Cara menikmati sayur asam juga berbeda-beda. Kalau di Jawa Barat dan Betawi, orang biasanya menikmati sayur asam di mangkuk. Terpisah dengan nasi. Tapi di Jawa Timur, lebih suka mencampur sayur asam, nasi dan lauk-pauk. 

Sayur asam memiliki filosofi menggambarkan keragaman. Ini terlihat dari isi sayuran yang beraneka ragam. Ada kacang panjang, jagung manis, labu, kacang tanah, melinjo, terung, nangka, jagung manis, daun melinjo. Meski sayuran yang dipakai banyak, tetapi bisa memberikan rasa yang menyatu. Rasa yang tercipta yaitu gurih dan asam.Selain itu, sayur asam juga mengingatkan untuk tidak gegabah dan sabar. Dan menu sederhana ini sering kali mengingatkan akan rumah dan keluarga.

 Wahh banyak sekali ya jenisnya bro, nah langsung aja yuk sekarang kita liat bagimana porses pembuatan untuk sayur asem betawi...

SAYUR ASEM KHAS BETAWI

BAHAN-BAHAN :

2 lonjor Kacang Panjang
1/2 Buah Labu Siam
1/2 Buah Jagung Manis
1 Genggam Kacang Tanah
2 Buah Terong Uk. Kecil
1 Genggam Daun Melinjo
Secukupnya Buah Melinjo
1/4 buah pepaya muda
2 Ruas Lengkuas
2 Lembar Daun Salam
1 Keping Gula Merah Ukuran Kecil
2-3 sdm air asem jawa
2 liter Air
Secukupnya Kaldu bubuk
Secukupnya Garam

BUMBU HALUS :

5 Siung Bawang Putih
2 Siung Bawang Putih
5 Buah Cabe merah keriting
2 Buah Kemiri
1/2 sdt Terasi goreng

LANGKAH MEMASAK

1. Didihkan air, masukan kacang tanah. masak hingga kacang tanahnya empuk ya Bro...


2. Masukkan Sayuran yang keras terlebih dahulu, seperti kacang, jaggung, labu siam, pepaya dan buah melinjo, masukan juga daun salam dan lengkuas. Didihkan juga.


3. Tambahkan bumbu halus, aduk merata. Bumbui gula, garam, air asem dan kaldu bubuk.



4. Masukan sisa sayurnya, proses masak hingga sayur matang semua. Jangan lupa di icip icip ya bila ada rasa yg kurang tinggal tambah bumbunya. Matang dan Angkat.


Rasa masakan yang manis dan asam ini sangatlah menyegarkan dan cocok jika dipadukan dengan lauk kering lainnya seperti ikan goreng, ikan asin dan lalapan. Sering juga masakan ini disajikan dengan sambal goremg, sambel terasi yang bikin lidah bergoyang.