Mengapa Manusia Bernapas Dengan Oksigen Tidak Dengan Nitrogen?

Mengapa Manusia Bernapas Dengan Oksigen Tidak Dengan Nitrogen?

Browilly - Mengapa Manusia Bernapas Dengan Oksigen Tidak Dengan Nitrogen? Mengapa Manusia bernapas dengan Oksigen sedangkan kadar Nitrogen jauh lebih banyak dari udara yang dihirup (Nitrogen 78% - Oksigen 20% - Argon kurang dari 1% - Karbon Dioksida kurang dari 0,1% -  Uap Air kurang lebih 1%)? Jadi begini bro, yuk kita simak ulasannya. 


Kenyataannya, udara atau gas yang dihirup manusia mempunyai komposisi sebesar 78% nitrogen, 20,95% oksigen dan sejumlah kecil gas lain termasuk argon, karbon dioksida, neon, helium, dan hidrogen. Sedangkan udara atau gas yang dihembuskan adalah berkisar 5–6,3% uap air, 79% nitrogen, 13–16% oksigen, 4–5% karbon dioksida, dan gas lainnya. Karbon dioksida dikeluarkan bervolume sampai dengan 100 kali lipat volume karbon dioksida yang dihirup, sedangkan jumlah oksigen berkurang.


Mengapa Manusia disebut "bernafas menghirup oksigen"?


Sederhananya, memang oksigenlah yang digunakan dalam pernafasan. Membantu mengubah glukosa menjadi energi, mendorong keluar karbon dioksida, dan sebagainya. 


Kenapa bukan oksigen murni?

Karena bila Manusia bernafas dengan Oksigen murni (oksigen 100%) itu berbahaya atau malah beracun. 


Bila oksigen murni memasuki tubuh kita, maka akan terjadi reaksi berantai pengolahan makanan menjadi energi secara keseluruhan dalam satu waktu. Sobat akan menghasilkan energi besar dalam satu waktu, karena tubuh tidak di desain untuk menampung energi tersebut. Sehingga tubuh akan "meledak". Mata kehilangan pengelihatan, pernapasan menjadi sesak, dsb. Oleh karena itu dibutuhkan lah nitrogen.


Dalam pernapasan manusia, nitrogen membantu menekan atau memperlambat reaksi pembakaran berantai yang spontan. Meskipun nitrogen tidak benar-benar digunakan dalam pernafasan manusia, karena oksigenlah yang digunakan dalam pernafasan manusia seperti mendorong keluar karbon dioksida.


Oleh karena itu, kesimpulannya yaitu " Manusia bernafas menghirup oksigen, mengeluarkan karbon dioksida"


Nah itulah artikel tentang Mengapa Manusia Bernapas Dengan Oksigen Tidak Dengan Nitrogen? sekarang anda sudah tau kan bro? Smoga bermanfaat yah...