Mengenal Fitur Cruise Control Pada Mobil dan Apakah Penting?

Mengenal Fitur Cruise Control Pada Mobil dan Apakah Penting?

Cruise Control Pada mobil mungkin di Indonesia belum banyak yang telah disematkan fitur tersebut sehingga sobat akan sangat istimewa sekali bila sobat bisa merasakan kecanggihan fitur cruise control tersebut. Kini fitur Cruise Control nantinya mungkin bisa sobat temukan pada mobil keluar terbaru populer seperti Xpander, Fortuner, Innova. 


Diantara kita pastinya pernah mengemudi mobil di sebuah jalan yang lurus dan lenggang dan kaki harus menahan pedal gas supaya mobil bisa berjalan konstan di kecepatan tertentu. Pelan-pelan pasti kaki akan terasa pegal dan kaku karena harus menahan pedal gas, apalagi perjalanan yang ditempuh memakan jarak yang lumayan jauh. Supaya kaki kanan bisa dimanjakan, maka lahirlah fitur bernama cruise control. 

Intinya Fungsi Cruise Control adalah penahan pedal gas untuk Anda ketika berkendara di jalan lurus dan panjang

Cruise control ialah sebuah fitur canggih yang memudahkan pengemudi mobil untuk tidak menekan gas terus menerus. Fitur ini ideal digunakan ketika kita berkendara di jalan tol, dimana membutuhkan kecepatan yang konstan. Bisa dibilang mobil berjalan semi auto pilot. Untuk menggunakan fitur ini, minimal laju kendaraan ada diatas 40 kpj.

MENGENAL SEJARAH CRUISE CONTROL

Pertama kali diciptakan oleh seorang teknisi tuna netra bernama Ralph Rowe Teetor di tahun 1948 dengan nama awal "Speedostat". Ide ini muncul waktu Ralph disupiri oleh pengacaranya dan merasa agak terganggu ketika mobil berjalan pelan ketika pengacaranya berbicara dan berjalan cepat ketika pengacaranya mendengarkan Ralph berbicara. Beliau berharap dengan ide nya ini mobil bisa melaju dengan konstan ketika pengemudi dan penumpang bercakap-cakap.


Dulunya fitur ini hanya ada di mobil-mobil mewah yang dijual di Indonesia (walaupun sebenarnya fitur ini sudah pernah diaplikasikan di mobil tahun 50-an), tapi sekarang sudah bisa ditemui di mobil seharga 200 juta-an seperti Mitsubishi Xpander, KIA Sonet, Nissan Magnite, MG ZS, dll. 


Biasanya, Mobil yang sudah diberikan dengan fitur ini akan dilengkapi juga dengan sensor radar untuk membaca keadaan lalu lintas. Ketika ada kendaraan lebih pelan di depan anda, sensor otomatis akan membacanya dan memperlambat mobil. Ketika sudah mulai agak sedikit lenggang kembali, kecepatan akan dinaikkan seperti semula. Gimana Canggih Bukan? 


Fungsi dari fitur cruise control pada mobil akan menjadikan solusi mengurangi rasa lelah ketika harus berkendara di jalan bebas hambatan yang lurus dan panjang. Dengan mengaktifkan fitur canggih cruise control, Sobat bisa sejenak mengistirahatkan kaki sambil tetap fokus pada kondisi lalu lintas sekitarnya. 


Demikian postingan tentang Mengenal Fitur Cruise Control Pada Mobil dan Apakah Penting? , Semoga informasi ini bermanfaat buat anda.