Pengalaman Mendapatkan Kartu Prakerja Serta Manfaatnya

Pengalaman Mendapatkan Kartu Prakerja Serta Manfaatnya

Browilly - Hallo sobat browilly.... Pada postingan kali ini, saya akan memberikan pengalaman saya menggunakan serta mengikuti pelatihan kartu prakerja yang diberikan oleh pemerintah. Kartu prakerja ialah salah satu program bantuan dari pemerintah untuk mendukung perkembangan perekonomian Indonesia untuk masyarakat yang membutuhkannya. 😊




Untuk mendaftar kartu prakerja menurut saya gampang gampang susah si bro, karena menurut saya proses pendaftaran untuk diterima oleh Prakerja menggunakan alogaritma acak oleh sistem sesuai NIK Kartu Identitas yang kamu miliki. Selain itu mungkin Sebelum saya keterima dalam program kartu prakerja ini, saya mengalami penolakan dalam hal pendaftaran sebanyak 2 kali. Alhamdulillah untuk pendaftaran ke tiganya saya diterima menjadi peserta bantuan dari Kartuprakerja. 


Peserta yg mendaftar dan lolos untuk mendapatkan Kartu Prakerja ini  masing- masing akan menerima sejumlah uang sebesar Rp 3.550.000 selama menjalani program pelatihan dari kartu prakerja. Apabila saya rimcikan lebih lanjut, bantuan intensif yang terdapat dalam program Kartu Prakerja telah meliputi biaya pelatihan sebesar Rp 1.000.000, Dana ini adalah dana mengendap tidak dapat dicairkan. Jadi kamu harus mengikuti pelatihan menggunakan dana yang sudah disediakan.

Pelatihan di dalam program Kartu Prakerja sangat beraneka ragam, jadi kamu tinggal pilih aja deh yang sesuai dengan minat untuk mengasah keterampilan kamu.😊 Kemudian kamu juga akan mendapatkan dana intensif setelah berhasil menyelesaikan pelatihan dengan jumlah Rp 600.000 per bulan selama empat bulan. Dana Insentif ini akan diberikan secara otomatis apabila kamu telah menyelesaikan dan mendapatkan sertifikat pelatihan didalam program prakerja.

TIPS : Bila kamu telah keterima dalam Program kartu prakerja, segera kamu beli pelatihan yang tersedia didalam website prakerja, Lalu kamu bisa mengikuti pelatihan tersebut dan menyelesaikannya dengan segera agar kamu mendapatkan sertifikat dari pelatihan tersebut. Dengan kamu telah menyelesaikan satu pelatihan kartu prakerja otomatis kamu telah memenuhi syarat untuk mendapatkan Insentif sebesar Rp. 600.000/bulan selama 4 bulan. Gimana enakkan?? 


Berikut Contoh Mitra Pelatihan serta kelas kelas materi pelatihan Untuk membeli kelas Prakerja.

Jadi, disini kamu bisa memilih tempat pelatihan yang mau kamu mau ikuti kelasnya. Setiap tempat pelatihan online yang tersedia di prakerja mempunyai teknik pembelajaran berbeda beda. Kalau saya pribadi, saya lebih seneng untuk mengikuti kelas prakerja di Skill Academy. Di tempat pelatihan tersebut banyak materi materi bagus dengan cara penyampaian menurut saya yang mudah di mengerti. 



Setelah kamu memilih tempat pelatihan, kamu bisa memilih kelas untuk memilih materi pelatihan sesuai minat kamu. Kelas tersedia sangat banyak dengan materi yang berbeda beda, sebelum kamu masuk kelas dengan materi yang kamu inginkan, kamu wajib membeli kelas tersebut dengan harga yang sudah tersedia. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu prakerja, jadi kamu tinggal memasukan no id kartu prakerja kamu pada cekout pembayaran kelas. 



Selama mendapatkan kartu prakerja saya sudah membeli dan mengikuti pelatihan sebanyak 4 pelatihan dengan materi yang berbeda beda. Setiap kelas online yang saya ikuti banyak sekali manfaat yang bisa saya peroleh seperti layaknya saya mengikuti pelatihan tatap muka langsung. Di dalam kelas kamu akan mendapatkan materi materi lewat video, soal serta modul rangkuman pelatihan. 


Mengikuti kelas ini kamu wajib mengikutinya hingga selesai dari menonton materi yang ada dalam video serta menjawab soal soal yang tersedia. Setelah kamu mengikuti kelas hingga selesai kamu akan mendapatkan sertifikat pelatihan secara online. Sertifikat ini akan langsung masuk Dashboard akun prakerjamu kurang lebih 4 hari kerja. 

Perlu kamu ketahui disini, dalam mengikuti pelatihan kartu prakerja dalam setiap pengambilan kelasnya kamu wajib mengikuti kelas hingga selesai dan sampai sertifikat pelatihan terupdate di akun kartu prakerja. Apabila, kelas yang kamu ikuti belum selesai atau sertifikat pelatihan belum terbit di akun kartu prakerja kamu, kamu tidak bisa membeli pelatihan lainnya. 

Selain pelatihan didalam kartu prakerja kamu akan mendapatkan sebuah survey dari kartu prakerja. Penerima Kartu Prakerja akan mendapat dana bonus survey sebesar Rp 150.000 jika mengisi 3 kali Survei Evaluasi setelah selesai pelatihan. Satu kali survei akan diberikan sebesar Rp 50 ribu.. emzzzz Alhamdulillah yaaaa😊

Kesimpulan dan Penutup 
Pendaftaran Kartu Prakerja ini hanya bisa dilakukan melalui situs resmi kartu prakerje di prakerja.go.id. Setiap calon yang ingin mendaftar sebelumnya terlebih dahulu diminta untuk mengisi dan melengkapi data- data diri yang sebenarnya.

Setelah berhasil melakukan pendaftaran serta anda sudah bisa login atau masuk, langkah yang harus ditempuh selanjutnya adalah menjalani seleksi penyaringan peserta dari pihak panitia penyelenggara. Penyeleksian dan penyaringan ini akan dilakukan berdasarkan dari hasil verifikasi keakuratan data yang sudah di input oleh calon peserta, hasil tes kemampuan dasar, latar belakang motivasi peserta serta jumlah kuota yang tersedia.

Langkah Selanjutnya yang harus dilakukan adalah setiap calon pendaftar prakerja yang telah lolos dapat memilih dan menentukan jenis pelatihan yang mereka inginkan atau butuhkan sesuai minat di laman web prakerja.go.id. Selanjutnya, jika penerima Kartu Prakerja telah menentukan program pelatihan yang ingin mereka ikuti, peserta wajib menyelesaikan pelatihan pertama hingga mendapatkan sertifikat pelatihan. Kemudian, peserta akan mendapatkan uang saku melalui rekening bank atau dalam bentuk e-wallet. 

Kapan Insentif Kartu Prakerja dibayar?
Insetif kartu prakerja bisa kamu dapatkan setelah kamu mengikuti dan menyelesaikan pelatihan pertama. Untuk jadwal pembayarannya akan ada estimasi tanggal pembayaran di akun prakerjamu. 

Bagimana cara mendapatkan dana tambahan dari Survei Prakerja?
Survey penggunaan kartu Prakerja akan diberikan setelah kamu mendapatkan bayaran insetif pertama. Biasanya akan muncul notifikasi di akun prakerja kamu mengenai jadwal pengisian survey. Setelah kamu mengisi survey kamu juga akan mendapatkan jadwal penerimaan dana tambahan di rekeningmu pada akun Prakerja. 

Nah itulah postingan saya mengenai Pengalaman Mendapatkan Kartu Prakerja Serta Manfaatnya. Semoga postingan tersebut bermanfaat buat anda yang membacanya. Terimakasih