Inilah Perbedaan Bank Digital Dengan Bank Biasa Konvensional

Inilah Perbedaan Bank Digital Dengan Bank Biasa Konvensional

Hallo sobat Browilly, pada postingan kali ini saya posting mengenai perbedaan bank digital dan bank konvesional atau bank biasa. Banyaknya bank digital akhir akhir ini tentunya membuat kita bertanya tentang apa perbedaan antara bank digital dengan bank yang memiliki layanan digital atau biasanya kita juga sering sebut bank biasa/konvesional. Apakah sama sama berLebel digital berarti layanan yang sama? 


Bank Digital merupakan salah satu model bisnis bank yang menyediakan/menjalankan kegiatan usahanya melalui saluran elektronik yaitu sebuah aplikasi mobile banking dengan keberadaan kantor fisik yang terbatas bahkan tanpa kantor fisik bank. Jadi, intinya kita bertransaksi atau bila ada masalah dalam layanan hanya dilakukan secara online. Biasanya bank digital cukup memiliki satu kantor saja yakni kantor pusat untuk menjalankan kegiatan usahanya secara digital atau online. 

bisnis seperti ini banyak dipilih untuk dikembangkan secara luas karena memiliki biaya operasional yang rendah. hal ini dikarenakan tanpa alokasi pengadaan kantor cabang melainkan dialihkan ke pengembangan infrastruktur digital. Digital bank biasanya menargetkan segmen nasabah yang lebih banyak dan mengutamakan dalam kemudahan bertransaksi.

Sedangkan untuk bank dengan layanan digital banking atau sering disebut dengan bank umum/konvensional yang dilengkapi dengan kemudahan dalam digital banking seperti internet atau mobile banking mulai dari pembuatan rekening nasabah sampai dengan transaksi. Meski pengelolaan investasi melalui digital channel, bank tersebut tetap punya kanal layanan fisik seperti ATM dan cabang atau kantor kas untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang lebih beragam dan kompleks. 

INTINYA PERBEDAAN BANK DIGITAL DAN BANK UMUM/KONVENSIONAL

Salah satu perbedaan yang paling signifikan antara bank digital dan bank konvensional ialah cara yang pada saat kita menabung. Pada bank digital, seluruh transaksi bisa dilakukan secara online melalui sebuah aplikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada bank digital tersebut. 

Sementara itu, pada bank konvensional atau bank umum, Anda harus datang ke bank atau ke kantor yang bersangkutan untuk melakukan pembukaan tabungan baru dan melakukan transaksi lainnya. Untuk melakukan setoran tabungan, kini ada ATM yang menyediakan layanan tersebut. Menabung secara online tentu lebih praktis karena Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengantre di bank.

KEAMANAN

Tak bisa dipungkiri, perbedaan antara bank digital dan bank umum juga terletak pada risiko keamanan yang harus dihadapi. Jika Anda menabung pada bank konvensional atau umum, mungkin ada beberapa resiko yang  terjadi seperti dihadang oleh oknum yang mencoba melakukan kejahatan, uang tercecer saat hendak dibawa ke bank, dan sebagainya.

Sementara itu, pada bank digital, semua transaksi bersifat cashless atau tanpa uang tunai. Namun tentunya ada risiko lain yang harus diwaspadai ialah terjadinya pembobolan oleh orang yang tidak bertanggung jawab secara digital. Ada banyak sekali modus yang dilakukan oleh pelaku tindak kejahatan untuk membuat nasabah lengah sehingga dapat menarik uang yang tersimpan di bank digital. oleh karena itu kita tentunya harus berhati hati dalam menggunakannya. 

Nah, itulah Perbedaan Bank Digital Dengan Bank Biasa Konvensional yang browilly posting, semoga bermanfaat ya...