Cara Mengatasi Rasa Bosan Dalam Belajar Daring

Cara Mengatasi Rasa Bosan Dalam Belajar Daring

bosan saat belajar



Cara Mengatasi Rasa Bosan Dalam Belajar Daring dari Browilly. Kenapa saya terkadang ada rasa bosan dalam belajar? Dan apakah kalau kita belajar harus nunggu mood? Kebetulan saya menemukan pertanyaan ini pada email saya. Mari kita jawab pada postingan kali ini. Saya pribadi terkadang juga pernah ngerasain juga kok yang namanya bosen belajar ituh. Jadi, tips yang saya berikan kali ini merupakan hasil dari pengalaman saya pribadi ya guys. 

Well, Pernah nggak sih, kamu ada momen dalam hidup kamu ketika kamu suka banget untuk belajar? Intinya Belajarnya gak harus soal pelajaran ya..pokoknya kamu Ketagihan mendapatkan informasi, suka mengeksplorasi, dan bertanya ke pada orang di sekeliling kamu. Jawabannya pasti kamu pernah kan? 


FAKTOR PENYEBAB KEJENUHAN DALAM BELAJAR

Jadi penyebab rasa bosan itu sebenernya ada 2 hal yang harus kamu ketahui:

  • Kondisi pada mental kamu sendiri: Apakah kamu lagi Mood atau DNA of peak performance-nya lagi aktif. 
  • Topik atau judul yang lagi kamu pelajarin: seperti, apakah sesuai dengan tingkat kemampuan kamu atau tidak?

Belajar itu butuh tingkat stress yang cukup. Harus ada motivasi atau desakan dari diri sendiri atau orang lain.  Kalau kamu ujian masih lama, biasanya tingkat stressnya kurang, jadi kamu gak begitu merasa butuh. Kalau ujian sudah deket malah udah panik gak bisa fokus. Di Sinilah pentingnya kita mempunyai tujuan dalam belajar, motivasi, serta rasa ingin tahu akan semua hal yang bermanfaat. 


CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SAAT PANDEMI

1. Cari sesuatu hal yang terkait dengan pengalaman sehari-hari kamu

2. Cari sebuah pertanyaan atau rasa penasaran kamu terhadap materi (Jangan lupa untuk niatkan belajar supaya rasa penasaran di diri kamu bisa terobati)

3. Temukan motivasi dalam diri kamu, kenapa belajar dengan topik tersebut penting buat kamu dan masa depan kamu.


Jadi itulah alasan kenapa kamu bosan belajar. Karena kamu belum menemukan motivasi yang kuat untuk belajar atau bisa jadi materi yang kamu pelajarin salah, Untuk itu kamu harus cari tahu dulu materi yang belum kamu ketahui tapi dibutuhin!


TIPS MENGATASI BOSAN SAAT BELAJAR


1. Gunakan Metode 50:10

Maksudnya kamu bisa menggunakan waktu 50 menit kamu untuk belajar dan 10 menit waktu kamu untuk istirahat.


2. Buat Target Dalam Belajar

Kamu bisa membuat target belajar mulai dari beberapa banyak soal pelajaran yang bakal kamu selesaikan atau sejauh mana materi pelajaran yang harus kamu pahami. 


3. Reward atau Punishment

Coba deh, kasih hadiah untuk diri sendiri kalau kamu sudah menyelesaikan targetmu dan coba beri hukuman kecil andaikan kalau kamu gagal mencapai target.


4. Jangan Pernah Belajar Dari Satu Sumber

Kamu bisa mencoba belajar melalui handphone, komputer atau laptop dan alternatif lainnya yang bisa untuk mencari lebih banyak sumber pembelajaran. 


5. Mencari Suasana Baru

Kamu bisa mencoba untuk mencari tempat-tempat baru yang bisa kamu jadikan tempat belajar yang nyaman selain kamu belajar dikamar atau di rumah. 


6. Gabung Dengan Komunitas Belajar

Coba deh, kamu bisa gabung atau bikin kelompok belajar, bisa dari teman teman sekelas kamu atau yang lainnya


7. Berdoa Sebelum Mulai Belajar

Bedoa terlebih dahulu sebelum belajar, karena Tuhan bakal memberikan kemudahan dan ketenangan hati bagi hamba-Nya yang selalu ingat dengannNya.


Untuk itu supaya kamu belajarnya lancar dan tidak bosan, kamu harus menguasai minimal 90% materi sebelumnya (yang dibutuhkan untuk bisa memahami materi berikutnya). Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya ya...