Jenis Latihan Kecapatan Ini Dapat Membuat Tubuh Lebih Lincah

Cara melatih kecepatan tubuh agar gerakan lebih gesit dan bertenaga adalah postingan yang akan dibahas oleh blog ini. Tubuh yang kurang bertenaga adalah salah satu masalah yang harus segera kita latih agar gerakan badan menjadi lebih cepat dan gesit. Dengan kamu melatihan kecepatan akan membuat tubuh kamu menjadi lebih gesit dan bertenaga karena latihan tersebut melatih tubuh sobat untuk bergerak ke posisi lainnya dengan waktu yang cepat dan singkat.
Jenis Latihan Yang Dapat Membuat Tubuh Lincah

Selain badan akan menjadi lebih gesit, tubuh sobat pun akan menjadi lebih lincah dan gampang untuk berpindah posisi tanpa harus merasa berat dengan keluhan dari tubuh. Biasanya gerakan tubuh yang lincah bisa sobat lihat dari seorang atlet, Untuk itu bukan berarti sobat tidak bisa melakukan latihan kecepatan dan merasakan manfaatnya.

Untuk itu mari kita coba lakukan empat jenis latihan kecepatan yang bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan dan kelincahan tubuh kamu. 

1. Latihan Lempar Tangkap

Jenis latihan kecepatan pertama yang kita lakukan adalah latihan dengan cara lempar tangkap. Hasil dari gerak tubuh, olahraga, dan aktivitas fisik lainnya yang kita lakukan sehari-hari ditunjang oleh refleks tubuh yang baik. Akan tetapi, tidak semua orang terlahir dengan refleks yang baik. Untuk itu refleks dari tubuh tersebut bisa kita tingkatkan dengan cara melakukan jenis latihan kecepatan seperti lempar tangkap. Cara mudahnya kita bisa melakukan dengan menggunakan bola tenis. Lakukanlah gerakan ini dengan cara berdiri menghadap tembok dengan jarak 2 meter sampai dengan 3 meter.

Jenis Latihan Tangkap Bola Melatih Kecepatan

Lalu silahkan lempar bola tenis tersebut hingga memantul dan bisa anda tangkap dengan baik. Lakukan jenis latihan lempar tangkap dengan bola tennis ini secara berulang-ulang dengan sudut lemparan yang bervariasi. Sobat juga bisa meminta bantuan teman sobat untuk melakukan melempar bola agar lemparan bola menjadi sulit ditebak untuk ditangkap. Meski cara ini sangat mudah, Jenis latihan ini sangat efektif untuk meningkatkan kecepatan sobat dan bisa untuk mengasah refleks sekaligus gerakan tubuh lainnya.


2. Latihan Pliometrik

Jenis Latihan Kecepatan ke dua ini adalah jenis latihan kecepatan di mana mengharuskan kamu untuk bergerak aktif dan melakukan lompatan guna meningkatkan refleks peregangan pada kaki. Melakukan jenis gerakan ini sobat bisa melakukannya dengan menggunakan alat atau tidak yaaa.... Contoh, sobat bisa melompat dengan menggunakan kotak sebagai rintangan, melakukan lompat dengan tali, melakukan squatting sambil memegang bola.

latihan kecepatan pliometrik

Jenis latihan ini memang terkesan sangat mudah, akan tetapi tetap memiliki risiko cedera yang cukup tinggi. Jadi, sobat harus pastikan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu setidaknya kurang lebih 5 menit. Pastikan juga sobat mengenakan sepatu olahraga yang nyaman ya, agar terhindar dari cedara ya bro!

3. Latihan Lunges

Jenis latihan untuk meningkatkan kecepatan ketiga ini bernama Lunges, bagimana cara latihannya? latihan kecepatan jenis ini dapat meningkatkan pergerakan sendi pada pergelangan kaki, lutut kaki, dan sendi anda. Selain itu, jenis latihan lunges juga dapat mengencangkan otot tubuh bagian bawah seperti betis, paha, dan pada bokong. Cara melakukan latihan lunges pun sangat mudah. Sobat hanya perlu berdiri tegak dengan kaki yang terbuka selebar bahu.


Letakan tangan sobat pada pinggang kemudian langkahkan kaki kanan ke arah depan dengan lutut tertekuk hingga membentuk sudut sebsar 90 derajat. Posisikan kaki kiri sobat pada belakang kaki kanan dengan posisi lutut ditekuk sampai menyentuh lantai. Tahan posisi  sobat selama 3 sampai 5 detik. Lakukan hal yang sama juga pada kaki kiri dan ulangi terus menerus gerakannya sebanyak 10 sampai 12 kali. 

4. Latihan Squat Jump

Jenis latihan kecepatan untuk membuat tubuh lebih lincah satu ini bernama Squat Jump. Jenis latihan kecepatan yang satu ini dapat membuat tubuh sobat semakin lincah dan gesit serta dapat juga membantu memperbaiki postur tubuh sobat. Cara melakukan jenis latihan Squat Jump yaitu berdiri dengan kedua kaki dibuka lebar lalu posisikan tangan sobat di depan dada. Setelah itu tekuk lutut sobat hingga paha sejajar dengan lantai lalu angkat tubuh sambil meloncat kemudian sobat mendarat secara perlahan lahan di posisi jongkok. Lakukan jenis gerakan ini berulang-ulang sesuai kemampuan sobat. 



Selain untuk meningkatkan refleks tubuh, kegesitan, dan kelincahan, bentuk latihan jenis kecepatan ini merupakan suatu cara agar menjaga badan tetap fit dan bugar. Terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 saat sekarang ini sangatlah penting untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tubuh selalu sehat.Untuk itu, kalau kita ingin sehat, jangan malas untuk aktih bergerak, ya bro! 

Sesudah latihan kecepatan ini, alangkah baiknya kita membersihkan diri dengan cara mandi dan mencuci muka kita agar tubuh merasa segar dan terhidanr dari bruntusan pada wajah yang disebabkan oleh keringat yang menempel teralu lama.

Ok sobat Bro WIlly, Sekian postingan tentang Jenis Latihan Kecapatan yang Dapat Membuat Tubuh Lebih Lincah. Semoga bermanfaat!

0 Comments

Posting Komentar